Fakta Menarik Asian Games 2018

Fakta Menarik Asian Games 2018 - PlanetOlahraga.com

Planetolahraga.com – 2018 adalah tahun dimana musim kompetisi olahraga Asian Games kembali digelar. Asian Games telah memasuki periode ke 18 sejak menggelar perlombaan pertamanya di tahun 1951 di New Delhi, India. Pagelaran kompetisi yang terbesar kedua di Dunia setelah Olimpiade ini akan diadakan pada tanggal 18 Agustus hingga 2 September dan diadakan di negara kita tercinta, Indonesia. Wah, sangat membanggakan ya! Untuk mempersiapkan kompetisi olahraga bergengsi ini Indonesia memilih 2 kota yaitu Jakarta dan Palembang. Beberapa fakta menarik lainnya mengenai Asian Games 2018 telah kita rangkum dibawah ini.

Fakta Menarik Asian Games 2018

Fakta Menarik Asian Games 2018 - PlanetOlahraga.com 1

Asian Games pertama kalinya akan berlangsung di 2 kota sekaligus, yaitu Jakarta dan Palembang. Persiapan yang dilakukanpun tidak sedikit. Bahkan renovasi total hingga pembangunanpun dilakukan demi kelancaran dan kenyamanan proses pertandingan nantinya. Sebelum periode ini di tahun 1962 Asian Games juga pernah menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah pada periode ke 4. Sudah 56 tahun silam dan kini dipercaya lagi untuk menjadi tuan rumah. Pada saat itu pula Indonesia menjadi runer up dan meraih 21 medali emas, 26 perak dan 30 perunggu.

Periode kali kali ini, Asian Games akan mengusung tema “Energy Of Asia” untuk kesuksesan acara ini. Tema ini dibuat untuk menyemangati para atlet yang akan bertanding di Asian Games 2018. Asian Games akan mempertandingkan 40 cabang olah raga, dengan 462 nomor pertandingan yang akan berlangsung di 64 venue. Asian Games akan diramaikan dengan 12.000 orang Atlet yang telah terdaftar secara resmi. Dan dilengkapi dengan 5.500 official, juri dan wasit yang telah terpilih. Serta 20.000 relawan keselamatan hingga keamanan. Juga tidak kalah penting 5000 awak media yang akan meliput kelangsungan acara ini.

Fakta Menarik Asian Games 2018 - PlanetOlahraga.com

Sebagai simbol besarnya semangat acara ini disiapkan 3 maskot yang diambil dari satwa khas negri tercinta Indonesia, yaitu burung Cendrawasih yang diberi nama Bhin Bhin, kemudian maskot berikutnya adalah Rusa Bawean yang diberi nama Atung, dan yang ketiga adalah Badak Bercula Satu yang diberi nama Kaka. Ketiga maskot memiliki makna yang penting dan menarik, seperti burung Cendrawasih yang menyimbolkan strategi. Rusa Bawean sebagai simbol kecepatan, dan Badak bercula satu merupakan simbol kekuatan. Tahukah bahwa ketiga makna itu adalah hal yang mendasari berbagai cabang olahraga yang akan di kompetisikan di Asian Games 2018 ini. Filosofi yang sangat kerenkan? Sebagai warga negara Indonesia selaku tuan rumah acara ini, mari kita sambut dan dukung kemeriahan pesta olahraga Asian Games 2018!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password