Baru Pertama Ngegym? Sebaiknya Coba Alat-Alat Berikut Ini

alat fitness

Planetolahraga.com – Anda yang jarang berolahraga tiba-tiba ingin mulai ngegym untuk membentuk tubuh yang ideal dan bugar? Ketika memasuki ruangan gym, Anda merasa kebingungan harus mencoba alat yang mana saja karena saking banyaknya? Ada baiknya Anda mulai berkenalan dengan alat-alat fitness yang ada, terutama alat-alat fitness yang wajib dicoba oleh pemula berikut ini.

 

1. Dumbbell

gymratz.jpg

Sumber: Gymratz

Sering disalahpahami sebagai barbell, dumbbell merupakan salah satu alat gymnastik yang paling familiar di masyarakat. Bentuknya sederhana, hanya dua buah beban yang disambungkan dengan batang besi yang pendek.

Alat ini praktis sekali karena tidak terikat pada apapun dan dapat dibawa ke mana saja. Selain dumbbell, tidak ada salahnya jika Anda mencoba peralatan freeweight lainnya seperti curl bar, weighted bar, medicine ball, kettlebell dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara Membentuk Otot Kaki dan Paha Dengan Atau Tanpa Alat Fitness

 

2. Barbell

Protocol-1200x628.jpg

Sumber: thr1ve

Barbell sebenarnya cukup mirip dengan dumbbell, hanya saja bedanya barbell tidak bisa diangkat dengan satu tangan. Beban pada barbell ini dapat dibongkar pasang untuk disesuaikan dengan pemakainya. Untuk pemula, sebaiknya tidak menggunakan beban yang terlalu besar.

Sama seperti dumbbell, barbell juga termasuk ke dalam alat fitness freeweight, yaitu alat fitness yang bisa digerakkan bebas karena tidak terhubung pada kabel atau benda lainnya. Latihan menggunakan barbell dapat meningkatkan keseimbangan tubuh, kekuatan fisik, serta membakar banyak kalori.

 

3. Chest Fly

5134-female_exercising_gym_machine-1200x628-FACEBOOK.jpg

Sumber: healthline

Chest Fly ini digunakan untuk membentuk otot dada. Di bagian bawah dari mesin ini, ada weight plates yang bisa dibongkar pasang. Sebaiknya mulailah dengan plates yang tidak terlalu berat.

 

4. Treadmill

how-to-find-the-ultimate-training-buddy-1200x628.jpg(

Sumber: Striders Personal Training

Ada baiknya Anda mencoba menggunakan treadmill secara rutin. Jogging menggunakan treadmill dapat membentuk stamina dan memperkuat tulang kering. Selain itu treadmill juga bagus untuk melakukan latihan kardio.

 

5. Hyper Extension Bench

ravens-lead2.jpg

Sumber: Sport Illustrated

Alat berupa bangku ini digunakan untuk melatih otot paha, punggung, serta pantat. Biasanya dimanfaatkan untuk melakukan latihan seperti back up dan sit up. Meskipun untuk sit up, ada satu alat lagi yang khusus digunakan untuk latihan sit up. Yaitu sit up bench.

Baca juga: Cara Tepat Memilih Tempat Fitness Sesuai Budget

 

6. Static Bicycle

indoor-cycling-.jpg

Sumber: start pt now

Atau sepeda statis ini bagus untuk latihan kardiovaskuler dan membakar lemak. Asyiknya sepeda statis ini bisa kita atur sendiri kecepatan dan tekanan ayuhannya sesuai dengan kemampuan kita. Selain itu, informasi mengenai detak jantung juga dapat dilihat dengan jelas dengan static bycicle ini.

 

7. Push Up Grip

ab-roller-with-push-up-bar-ab-pushup-star-x-original-imaezg8z5q8kjx4s.jpeg

Sesuai dengan namanya, push up grip ini adalah alat yang digunakan untuk menopang tubuh pada saat melakukan push up. Menggunakan alat ini untuk melakukan push up dapat membantu pembentukan otot di bagian dada.

Nah, itulah 7 alat fitness yang sebaiknya dicoba oleh pemula. Jangan lupa konsultasikan dengan coach Anda alat fitness mana yang sebaiknya Anda coba sesuai dengan body goal Anda. Selain itu, jangan lupa kenakan aksesoris fitness seperti sarung tangan dan ikat pinggang untuk mencegah tangan Anda dari kapalan serta mencegah cedera punggung saat melakukan fitness.

Bagaimana? Alat fitness mana yang ingin Anda coba pertama kali? Ingin memulai fitness sekarang juga? Beli saja voucher gym melalui AKULAKU secara kredit. Tanpa kartu kredit, dengan DP dan angsuran yang ringan.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password