5 Cedera Saat Jogging yang Kerap Dialami

cedera saat jogging

Planetolahraga.com – Lari atau joging, olahraga yang satu ini memang tergolong sebagai salah satu olahraga yang sangat populer. Sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Padahal manfaat kesehatannya sangat banyak. Tak mengherankan, joging pun begitu digandrungi termasuk di Indonesia. Meski sederhana, bukan berarti jogging bisa dilakukan begitu saja. Jika kamu melakukannya dengan cara yang salah, cedera saat jogging bisa saja dialami. Menggunakan sepatu olahraga jelas akan membantu. Kamu bisa mendapatkannya dengan aplikasi akulaku jika menginginkannya. Dengan demikian, cedera saat jogging berikut ini bisa kamu hindari.

Cegah cedera saat jogging yang kerap terjadi ini

jogging

1. Keseleo Pergelangan Kaki

Pergelangan kaki adalah bagian yang paling kerap mengalami cedera saat lari. Keseleo seperti ini bisa terjadi akibat robeknya ligamen. Peregangan yang berlebihan juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Untuk mengurangi rasa nyeri, kamu bisa mengompresnya dengan es.

2. Kram Kaki

Risiko kram kaki akan semakin meningkat seiring dengan pengabaian pemanasan. Bagian kaki yang paling kerap mengalami kram biasanya ada di sekitar area betis dan jari. Jika mengalaminya, segera hentikan aktivitas apapun yang sedang dilakukan. Selanjutnya beri pijatan ringan pada otot yang mengalami kram.

3. Cedera Lutut

Cedera ini terjadi akibat pergeseran tulang yang berada di bagian lutut. Inilah yang kemudian menyebabkan rasa nyeri. Segera hentikan aktivitas jika merasakannya. Regangkan kaki dan kompres dengan es. Pada saat seperti ini, kamu butuh istirahat.

4. Cedera Tulang Kering

Cedera ini biasanya ditandai dengan munculnya rasa nyeri pada kaki bagian bawah lutut. Penyebabnya tidak jauh-jauh dari aktivitas lari yang terlalu dipaksakan. Pemilihan sepatu yang kurang tepat juga turut berkontribusi. Untuk meminimalisir risiko tersebut, kamu bisa membeli sepatu lari dengan cicilan di aplikasi akulaku.

5. Muscle Pull

Pemanasan dan peregangan yang berlebihan juga bisa menjadi masalah. Muscle pull inilah contohnya. Cedera ini terjadi karena otot dipaksa untuk meregang secara berlebihan hingga membuatnya robek. Jika kamu mengalaminya, cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan beristirahat.

Sebenarnya masih ada beberapa cedera lain yang bisa muncul saat lari atau joging. Meski demikian, kamu tidak perlu takut. Resep agar terhindar dari cedera itu sederhana. Selalu awali dengan pemanasan, gunakan teknik lari yang benar dan jangan lupa pendinginan. Satu hal lagi, jangan terlalu memaksakan diri. Menggunakan sepatu yang tepat juga bisa membantu meminimalisir risiko. Jika kamu membutuhkan sepatu lari yang nyaman, aplikasi akulaku bisa membantumu untuk mendapatkannya dengan cicilan.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password