Cara Tepat Cegah Cedera Olahraga yang Bisa Anda Coba!

Cara Tepat Cegah Cedera Olahraga yang Bisa Anda Coba!

PlanetOlahraga – Cedera olahraga bisa terjadi kapan saja dan siapa saja. Tidak hanya atlet, bahkan orang awam yang baru mulai olahraga bisa mengalami cedera entah itu cedera ringan atau cedera berat yang diakibatkan kelalaian dalam melangkah atau ketidaktahuan teknik melakukannya.

Apapun penyebab cedera, jika Anda salah satu orang yang mengalaminya ada beberapa cara tepat yang bisa Anda coba terapkan. Berikut ini kami berikan informasi selengkapnya untuk Anda tentang bagaimana cara tepat cegah cedera olahraga yang sangat ampuh Anda terapkan. Cek informasi selengkapnya dalam uraian di bawah ini!

Cara Tepat Cegah Cedera Olahraga

Lakukan pemanasan dan pendinginana

Cara Tepat Cegah Cedera Olahraga yang Bisa Anda Coba!

Anda perlu senantiasa melakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah olahraga. Pemanasan membantu Anda untuk menyiapkan tubuh sebelum olahraga dan akan membantu meningkatkan denyut jantung Anda serta membantu dalam mengendurkan otot dan sendi secara bertahap.

Sementara pendinginan setelah olahraga juga tidak kalah penting dilakukan untuk membantu menurunkan kembali denyut jantung setelah Anda olahraga. Anda bisa berjalan santai kurang lebih selama 5 sampai dengan 10 menit setelah olahraga untuk melakukan pendinginan. Otot Anda yang tegang sehabis olahraga akan berangsur – angsur lebih santai setelah melakukan pendinginan.

Baca juga: Jangan Lakukan Ladies! Ini 4 Jenis Olahraga yang Bisa Sebabkan Cedera

Mulailah dengan perlahan dan jangan sampai memaksakan diri

Cara Tepat Cegah Cedera Olahraga yang Bisa Anda Coba!

Ketika Anda memulai suatu rutinitas olahraga atau baru saja memulai olahraga kembali, Anda bisa mulai secara perlahan dan tingkatkan intensitas, waktu dan frekuensi olahraga Anda secara bertahap. Jangan Anda memaksakan diri untuk melakukan suatu kegiatan olahraga.

Selain itu jangan Anda lupa untuk terus menerus olahraga walau otot dan sendi Anda merasa nyeri. Nyeri akan dapat menjadi suatu tanda Anda mengalami cedera sehingga jika Anda merasa nyeri, jangan Anda lanjutkan olahraga Anda di hari itu. Istirahatlah selama 1 hari sebelum Anda memulai kembali olahraga di hari – hari selanjutnya agar potensi cedera olahraga bisa dicegah.

Baca juga: Tips Olahraga Lari Supaya Tidak Mengalami Cedera

Lakukan olahraga secara lebih bervariasi

Cara Tepat Cegah Cedera Olahraga yang Bisa Anda Coba!

Anda bisa melakukan berbagai jenis kegiatan olahraga dan jangan Anda melatih suatu kumpulan otot tertentu secara berlebihan. Ketika Anda melakukan berbagai gerakan otot yang terlalu sering dengan intensitas dan jenis yang sama, maka hal ini dapat berpotensi menyebabkan terjadinya cedera otot dan radang pada tendon.

Anda juga dapat berusaha memvariasikan olahraga dengan cara berlari di hari pertama, kemudian angkat beban di hari kedua, dan berenang di hari ketiga. Lakukan dengan cara ini untuk memberikan yang terbaik sebagai variasi olahraga untuk tubuh Anda. Jangan biarkan tulang dan otot mengalami stress yang menyebabkan terjadinya cedera. Jadi Anda bisa cegah cedera olahraga dengan cara yang satu ini.

Anda yang ingin memulai hidup sehat dengan olahraga dan tertarik untuk mencari berbagai peralatan dan perlengkapan olahraga, Anda bisa mendapatkan berbagai fasilitas olahraga hanya di AKULAKU.

Anda yang tertarik untuk berbelanja di AKULAKU, belanja di AKULAKU pastinya akan senantiasa memudahkan Anda. Apalagi kredit AKULAKU tanpa NPWP sehingga Anda bisa melakukan kredit dengan proses yang tidak ribet sama sekali. Bunga cicilan juga hanya 0% sehingga pastinya cicilan yang perlu dibayarkan tidak akan memberatkan Anda.

Anda bisa beli berbagai macam barang kebutuhan dengan fasilitas kredit yang sudah diberikan. Sebagai aplikasi kredit terbaik, AKULAKU juga sudah bekerjasama dengan berbagai pihak untuk pengadaan barang. AKULAKU juga bekerjasama dengan Aidia Network untuk memberikan voucher belanja dengan diskon up to 700.000. Manfaatkan kode voucher AIDIA1 dan dapatkan diskon belanja sebesar mungkin! Yuk tunggu apalagi?

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password