5 Cara Sederhana untuk Mewujudkan Hidup Bahagia dan Sehat

Cobalah Cara Sederhana Hidup Bahagia Ini!

Planetolahraga.com – Memiliki kehidupan yang bahagia dan tubuh yang sehat merupakan hal yang paling diinginkan hampir semua orang. Ketika seseorang sudah merasa bahagia dan memiliki tubuh yang sehat, tentu hidup terasa seperti sangat sempurna. Untuk itulah orang melakukan berbagai cara untuk mencapai kebahagiaan dan mendapatkan tubuh yang sehat. Beberapa orang bahkan rela merogoh kocek yang tidak sedikit untuk mencapai keinginan tersebut.

Padahal mewujudkan kehidupan yang bahagia dan sehat sebenarnya bisa dicapai dengan cara yang sederhana. Kamu tidak membutuhkan waktu yang lama serta mengeluarkan biaya yang banyak untuk mewujudkannya. Dikutip dari Women’s Weekly, ada 5 cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mewujudkan hidup bahagia dan sehat. Apa saja caranya? Yuk simak ulasan berikut!

Cobalah Cara Sederhana Hidup Bahagia Ini!

 

1. Belajar sesuatu yang baru

Vanessa King, seorang ahli psikologi positif mengatakan bahwa belajar adalah kebutuhan inti seseorang yang akan meningkatkan kesejahteraan psikologis seseorang. Selain itu belajar juga dapat membangun kepercayaan diri.

Mempelajari sesuatu yang baru dapat menyebabkan otak membangun koneksi antar neuron dan mengganti beberapa yang hilang. Belajar juga dapat menghindarkan dari kebosanan. Cara belajar yang mudah adalah dengan bertukar keterampilan dengan teman atau dengan mengikuti kursus online yang banyak tersedia secara gratis.

Baca juga: Eksperimen 3 Kegiatan Ini untuk Aktivitas Bersepeda yang Lebih Menyenangkan!

 

2. Melakukan sesuatu yang kreatif

Melakukan sesuatu yang kreatif dalam kehidupan sehari-hari ternyata membuat seseorang menjadi nyaman. Selain itu, melakukan sesuatu yang kreatif juga dapat meningkatkan kesejahteraan hidup secara keseluruhan. Vannesa King mengatakan bahwa mempelajari sesuatu yang baru dapat memicu gagasan yang lain, apalagi ditambah dengan keingintahuan dan pemikiran kreatif.

 

3. Mengenali kemampuan diri sendiri

Martin Seligman mengatakan bahwa kebahagiaan sesungguhnya merupakan hasil penilaian terhadap diri dan hidup yang memuat emosi positif seperti kenyaman dan kegembiraan yang meluap-luap maupun aktivitas positif yang tidak memenuhi komponen emosi apapun seperti keterlibatan. Seligman menemukan bahwa orang-orang yang dapat menemukan serta mengenali kemampuan atau kekuatannya sendiri memiliki kepuasan hidup yang lebih tinggi dalam jangka waktu yang panjang.

 

4. Mensyukuri sesuatu

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Personality and Social Psychology menunjukkan bahwa rajin bersyukur dapat mendorong kesejahteraan seseorang. Pandangan hidup orang yang rajin bersyukur pun lebih cerah serta memunculkan hal-hal positif yang lebih besar bagi orag tersebut. Rasa syukur juga dapat mendorong perilaku sosial yang positif seperti membantu orang lain yang tertimpa masalah atau memberikan dukungan emosional pada orang lain. Agnes Martis, seorang seniman Amerika pernah menulis bahwa ukuran hidup manusia adalah jumlah keindahan dan kebahagiaan yang disyukuri.

Baca juga: Tak Hanya Menyenangkan, 5 Aktivitas ini juga Menyehatkan, lho!

 

5. Berbuat baik

Kebaikan ternyata memiliki efek mendalam pada kebahagiaan seseorang. Sebuah studi menemukan bahwa orang akan merasa lebih bahagia saat diminta mengingat kebaikan mereka kepada orang lain.  Menurut Alberthiene Endah dalam buku Kunci Kebahagiaan, berbuat baik adalah cara yang sangat mendasar agar seseorang bisa merasakan denyut kebahagiaan hidup. Berbuat baik juga adalah latihan yang sangat baik bagi diri sendiri untuk mengartkan kebahagiaan bukan melulu dari apa yang kita dapat, melainkan dari apa yang kita beri.

Banyak kisah menarik tentang orang yang pada awalnya tak bahagia kemudian mampu merasakan kebahagiaan setelah ia membuka pintu kebagian yang selama ini tertutup dalam hatinya. Alberthiene Endah melanjutkan bahwa menurutnya ketika seseorang berbuat baik, energi positif akan mengalir ke dalam dirinya sendiri. Selain merasakan hidup yang bahagia, dengan berbuat baik seseorang dari waktu ke waktu akan merasakan hidup yang semakin damai.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password