Cara Memegang Raket Dalam Permainan Bulu Tangkis

Cara Memegang Raket Dalam Permainan Bulu Tangkis - PlanetOlahraga.com

PlanetOlahraga.com – Dalam bermain bulutangkis, cara memegang raket juga ada tips dan triknya. Sebagai cara memegang raket sebenarnya ada dua cara yang bisa dilakukan yaitu cara memegang raket forehand dan cara memegang raket backhand. Dalam permainan bulu tangkis semua jenis pukulan yang dapat dilakukan diperagakan dengan kedua jenis cara memegang raket ini.

Keduanya dilakukan secara bergantian sesuai dengan kondisi dan situasi dalam permainan. Bagi para pemula biasanya belajar bagaimana cara memegang forehand lebih dulu kemudian baru belajar bagaimana cara memegang raket dengan metode backhand. Informasi selengkapnya tentang kedua teknik cara memegang raket dalam permainan bulu tangkis diatas dapat Anda simak dalam uraian informasi sebagai berikut!

Cara Memegang Raket Dalam Permainan Bulu Tangkis

Cara Memegang Raket Dalam Permainan Bulu Tangkis - PlanetOlahraga.com

Cara memegang raket forehand

Cara memegang raket forehand sangat mudah. Cara memegang raket forehand dilakukan dengan metode sebagai berikut :

  • Pegang raket dengan tangan kiri atau kanan dan kepala raket dibuat menyamping. Pegang raket dengan cara berjabat tangan. Bentuk V tangan kemudian letakkan di bagian gagang raketnya.
  • Pada tiga jarinya yaitu jari tengah, jari manis dan jari kelingking menggenggam raket sementara jarinya agak terpisah.
  • Letakkan juga ibu jari diantara tiga jari dan jari telunjuk Anda.

Cara memegang raket backhand

Untuk teknik memegang raket backhand ini dilakukan dengan cara Anda geser V tangan ke arah dalam. Selanjutnya Anda letakkan di bagian samping dalam dengan menggunakan bantalan jempol yang berada di bagian pegangan raket secara lebih melebar.

Cara latihan memegang raket

Sebelum Anda melakukan latihan pukulan, perlu Anda lakukan latihan untuk adaptasi dengan cara menggerakkan pergelangan tangan dengan tetap memegang raket dengan tepat. Para peserta latihan dibiasakan selalu memegang raket dengan jari – jari tangan agar selalu luwes dan rileks. Kemudian lakukan gerakan raket ke arah kanan dan kiri dengan Anda gunakan tenaga pergelangan tangan. Begitu juga gerakan tangan ke arah depan dan ke arah belakang sehingga pergelangan tangan juga akan tertekuk secara sempurna. Selanjutnya pukul bola ke tembok dan bouncing ball.

Itulah bagaimana cara memegang raket dalam permainan bulu tangkis yang Anda dapat terapkan. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat dan selamat mencoba.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password