Cara Membentuk Otot Lengan Sendiri di Rumah

Cara Membentuk Otot Lengan Sendiri di Rumah

PlanetOlahraga.com – Untuk Anda yang ingin membentuk otot lengan namun memiliki jadwal yang sangat padat dan tidak memiliki waktu luang untuk berolahraga, dalam waktu beberapa menit pun Anda dapat membentuk otot lengan sendiri di rumah loh. Selain untuk memperindah tampilan tubuh, dengan membentuk otot lengan juga dapat membuat kinerja tubuh menjadi lebih baik. Berikut ini adalah informasi mengenai cara membentuk otot lengan sendiri di rumah dengan waktu yang lebih efisien dan tentunya dengan cara yang sehat. Apa saja? simak ulasan berikut.

Cara Membentuk Otot Lengan Sendiri di Rumah

Cara Membentuk Otot Lengan Sendiri

Dengan memiliki otot lengan yang kuat akan sangat membantu Anda dalam melakukan aktivitas ataupun pekerjaan sehari-hari, seperti mengangkat barang, membawa belajaan, menggendong anak dan aktivitas lainnya. Banyak rangkaian cara membentuk otot lengan yang dapat anda praktikkan ketika Anda berada di rumah.

Untuk mempraktekkannya tidak membutuhkan waktu lama, Anda cukup meluangkan waktu sekitar 10 menit setiap harinya. Sebelum memulai latihan, sangat disarankan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu, waktu pemanasan cukup selama 5 sampai 6 menit saja untuk mengurangi risiko cidera otot.

Untuk melakukan pemanasan, Anda dapat melakukan gerakan arm circle, yaitu pastikan posisi tubuh berdiri dengan tegak dan rentangkan kedua tangan. Selanjutnya angkat dan buka kaki Anda hingga sejajar dengan bahu, kemudian putar lengan Ke arah depan hingga menyerupai lingkaran. Pemanasan ini sangat cocok untuk Anda yang ingin melakukan latihan untuk membentuk otot lengan.

Berikut adalah beberapa cara membentuk otot lengan sendiri di rumah yang bisa Anda lakukan, antara lain:

1. Bicep curls

Cara Membentuk Otot Lengan Sendiri

Cara membentuk otot lengan ini dilakukan dengan menekuk lengan atas, dan gerakan ini sangat cocok dilakukan sebagai langkah awal membentuk otot lengan. Langkah-langkahnya cukup mudah, yaitu berdirilah dengan kaki terbuka selebar bahu, lakukan sambil memegang botol berisi air ataupun dumbel pada kedua sisi tubuh Anda. Pada saat melalukan gerakan ini kencangkan perut serta bokong agar mendapatkan hasil yang terbaik.

Baca juga: Cara Memperbesar Otot Lengan Paling Cepat

2. Push up

Cara Membentuk Otot Lengan Sendiri

Push up merupakan cara membentuk otot lengan yang sangat cocok untuk Anda. Bukan hanya otot lengan yang akan terbentuk, namun dengan melakukan push up juga akan membentuk otot bahu dan dada.

Terdapat beberapa macam gerakan dalam push up, yaitu dalam melakukan push up posisikan tubuh Anda dengan bertumpu pada telapak tangan dan ujung kaki, selanjutnya lakukan gerakan-gerakan seperti meluruskan kedua tangan dan beri jarak yang cukup untuk kedua tangan di lantai. Pastikan tubuh membentuk garis lurus dari kepala hingga tumit serta luruskan kaki dan tungkai sehingga tidak menempel pada lantai. Setelah itu, turunkan badan dengan menekuk siku hingga posisi dada menjadi turun sekitar 5 cm di atas lantai. Pada posisi tersebut tunggulah beberapa saat dan luruskan siku Anda kembali. Ulangi hingga 10 sampai 15 kali.

Baca juga: Gerakan Fitness Untuk Dapatkan Lengan Berotot

Selanjutnya yaitu push up yang bertumpu pada dinding, cara membentuk otot lengan ini bertujuan untuk melatih otot trisep pada lengan atas. Dengan ini Anda dapat melakukan push up dengan memanfaatkan dinding, yaitu dengan cara berdiri berhadapan dengan dinding dengan jarak sekitar 40 cm, selanjutnya tempatkan kedua tangan pada dinding dengan setinggi dada, tekuk siku untuk mendekatkan badan terhadap dinding. Jaga tubuh tetap lurus saat gerakan tersebut berlangsung dan tahan. Selanjutnya luruskan siku dan tegakkan tubuh Anda kembali. Ulangi gerakan ini 10 sampai 15 kali.

Itulah informasi mengenai cara membentuk otot lengan sendiri di rumah. Usahakan untuk mengakhiri rangkaian-rangkaian latihan diatas dengan beristirahat sejenak selama kurang lebih 5 menit untuk merenggangkan otot-otot dan menstabilkan pernapasan. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password