Cabang Olahraga Unik di Asian Games 2018

cabang olahraga asian games 2018

Planetolahraga.com – Selain sepakbola dan bulutangkis, ada pula beberapa cabang olahraga unik di Asian Games 2018. Unik di sini maksudnya lain daripada yang lain. Alias bukan merupakan olahraga umum yang sudah banyak dikenal di masyarakat. Keunikan cabang olahraga ini bisa berasal dari namanya ataupun dari jenis olahraganya itu sendiri.

Pada ajang Asian Games 2018, 45 negara se-Asia siap mengirimkan atlet-atlet terbaik yang mereka miliki. Terdapat 40 cabang olahraga yang dipertandingkan. Dan di antara 40 cabang itu, setidaknya ada 5 cabang olahraga yang menarik perhatian. kelimanya itu termasuk dalam kategori cabang olahraga yang unik tadi. Apa saja, ya, kira-kira?

Yuk, simak daftar  cabang olahraga unik di Asian Games 2018!

 

1. Berlayar

berlayar.jpg

Dari namanya, cabang olahraga yang satu ini memang sudah cukup familiar di telinga kita. Ketika mendengar kata “berlayar” pasti kita langsung berpikir tentang kapal atau perahu yang dilengkapi layar untuk bisa melaju. Nah, ternyata memang tidaklah salah. Namun lebih tepatnya perahu sejenis kano bermuatan satu orang saja dengan layar yang tinggi dan lebar. Bagaimana cabang olahraga ini dipertandingkan?

Pada dasarnya, cabang olahraga berlayar adalah balapan perahu layar di atas air, mengadu kecepatan dan ketangkasan atletnya. Terdapat 10 kategori, 4 untuk male, 4 untuk female, 1 untuk mixed, 1 untuk open (boleh male atau female). Dikutip dari situs resmi Asian Games 2018, Cina dan Korea Selatan menjadi raksasa di cabang berlayar Asian Games.

 

2. Bridge

bridge.jpg

Cabang olahraga yang satu ini lebih pas disebut dengan permainan bridge. Bridge adalah permainan kartu yang dimainkan secara tim. Pada Asian Games 2018, terdapat 6 kategori permainan bridge, yaitu male team, male pair, female team, mixed team, mixed pair, dan super-mixed team. Untuk setiap kategori team, dibutuhkan 4-6 orang pemain per-tim. Sedangkan untuk setiap kategori pair dibutuhkan 2 orang per-pasangan. Permainan bridge akan dilangsungkan pada tanggal 21 Agustus sampai 1 September 2018 di Junior Ballroom JIEXPO Kemayoran.

Baca juga: Venue Asian Games 2018 yang Wajib Kamu Datangi

 

3. Kabaddi

kabaddi.jpg

Tidakkah cabang olahraga yang satu ini terdengar asing? Ya, kamu tidak salah. Olahraga Kabaddi berasal dari Tamil Nadu, India. Di Asian Games, kabaddi sudah masuk sebagai cabang olahraga yang dipertandingkan sejak tahun 1990 di Asian Games Beijing. Kabaddi adalah pertandingan dua tim, yang masing-masing tim terdiri dari 7 orang. Dilangsungkan di sebuah lapangan, dalam Kabaddi ada tim penyerang dan tim bertahan. Tim penyerang harus menyentuh anggota tim lawannya. Tetapi tidak mudah karena harus menghadapi “pertahanan” tim lawan yang akan menghadang dengan kontak fisik mirip gulat.

 

4. Roller Sport

roller.jpg

Jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, roller sport berarti olahraga roda. Sesuai dengan namanya, di dalamnya ada olahraga yang menggunakan alat beroda. Cabang olahraga ini termasuk baru di ajang Asian Games. Pada Asian Games 2018, terdapat dua cabang olahraga roller sport yang dipertandingkan, yaitu roller skate (sepatu roda) dan skateboard. Untuk roller skate ada 2 kategori yaitu balap 20 kilometer putra dan 20 kilometer putri. Sedangkan untuk skateboard ada 4 kategori, yaitu kategori jalanan putra, taman putra, jalanan putri, dan taman putri. Keduanya akan dilangsungkan di venue Jakabaring Sport City, Palembang.

5. Skuas

skuas.jpg

Berasal dari squash dalam bahasa Inggris, cabang olahraga ini disebut juga olahraga tenis dinding. Persis dengan tenis, skuas menggunakan raket dan bola. Kategorinya ada yang perorangan (2 orang) maupun ganda (4 orang). Pertandingannya dilakukan di sebuah lapangan tertutup di mana para pemain punya garis lapangan masing-masing yang bersisian dan mereka akan menghadap ke dinding. Pemain memukul bola dengan raket untuk dipantulkan ke dinding dan dipukul lagi oleh pemain lawan. Di Asian Games 2018 ini, skuas akan dilangsungkan di Hall D Gelora Bung Karno.

Baca juga: Jelang Asian Games 2018, Peserta dari Cabang Sepak Bola Bertambah Menjadi 26 Tim

Sekarang sudah kenal, kan, dengan cabang olahraga unik di Asian Games 2018? Jangan lupa, bagikan ke teman-temanmu juga!

Sumber gambar: twitter: asiangames2018, merahputih, theladiesfinger, neighbourlist, d1u4oo4rb13yy8

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password