Gemar Berolahraga Motor Trail, Ini Tips Aman dan Nyaman

berolahraga motor trail

Bagi Anda yang memiliki kegiatan trail adventure atau offroad yang lagi booming. Idealnya akan memberikan kesenangan atau kenikmatan tersendiri bagi Anda. Kegiatan offroad dengan motor trail bisa dikategorikan olahraga ekstrim karena rawan akan resiko kecelakaan. Maklum medan offroad yang dilalui sering beragam tantangannya.

Meskipun Anda punya mempunyai skill mengendari motor yang hebat, tetap saja ada resiko yang bisa Anda terima bagi offroader, karena jalur offroad di alam beda dengan jalur di sirkuit yang sudah jelas arah dan tipenya.

Medan offroad di alam, meskipun sudah sering dilalui tetap membutuhkan extra kehati-hatian karena jalur bisa berubah sewaktu-waktu oleh faktor alam misalnya hujan, longsor juga pohon tumbang. Untuk itu Anda harus persiapan matang-matang sebelum Anda melakukan kegiatan berolahraga motor trail.

Berikut ini tips berolahraga motor trail yang nyaman dan aman

Persiapan Motor

Motor menjadi alat yang sangat penting dalam kegiatan offroad. Kelayakan motor akan membuat Anda menjadi bersenang-senang menikmati olahraga di alam bebas atau sebaliknya Anda justru menjadi sengsara di rimba belantara. Pastikan motor Anda memang layak untuk dipakai melakukan kegiatan offroad, karena ini bukan hanya sekedar menyangkut soal kenyamanan tapi juga keamanan bagi Anda. Jika motor Anda sudah layak untuk offroad.

Simak tips-tips berikut ini sebelum Anda berangkat offroad

1. Cek tekanan angin ban motor Anda. Jika kondisi hujan, maka tekanan angin dikurangi, ukurannya tergantung ukuran ban dan motor Anda, termasuk berat tubuh Anda.

2. Cek oli mesin motor Anda, kalau pada level yang dibawah standar maka perlu ditambah. Pakailah oli yang berkualitas baik, jangan oli asal-asalan atau bekas.

3. Pastikan air radiator telah terisi sesuai dengan takaranya. Kekurangan air radiator akan membuat motor over heat.

4. Cek kekencangan mur, baut, juga rantai. Lumasi rantai dengan minyak pelumas khusus rantai.

5. Jika Anda akan offroad sampai sore atau malam hari, pastikan lampu motor Anda menyala dengan baik, agar nyaman saat malam hari.

6. Isi bensin motor Anda dengan penuh. Atau bila perlu bawalah persiapan minyak besin secukupnya.

Baca Juga
  • Berpetualang dengan Olahraga ATV Riding
  • Tips Rafting yang Aman Untuk Pemula

Semoga tips berolahraga motor trail ini bisa bermanfaat bagi Anda, khususnya bagi offroader pemula. Selamat melakukan offroad yang nyaman dan aman. Jangan lupa Anda bisa beli aksesoris dan perlengkapan untuk offroad di berbagai situs belanja online dengan memanfaatkan aplikasi Akulaku. Jadinya, bisa dibayar kredit dengan angsuran ringan dan tanpa bunga.

Dapatkan juga voucher belanja di Akulaku dari Aidia Network dengan total senilai Rp 700.000. Caranya, ketik kode promo AIDIA1. Mudah bukan?

Dapatkan promo menarik dari AkuLaku Indonesia.

Caranya mudah, isi form dibawah ini dengan lengkap!

*
*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password