Taklukan Persija, Barito Puncaki Klasemen Sementara

Barito Puncaki Klasemen Sementara

Planetolahraga.com – Barito Putera berhasil menjadi pemimpin klasemen sementara setelah menaklukan Persija Jakarta pada laga lanjutan Liga Gojek 1 bersama Bukalapak Rabu (30/5) malam. Pertandingan yang digelar di kandang Barito, Stadion 17 Mei Banjarmasin, tersebut berakhir dengan skor 2-1. Barito Putera mampu unggul atas tamunya, Persija Jakarta.

Sejak babak pertama Barito Putera langsung melancarkan serangan ke arah gawang Persija. Tetapi barisan pertahanan Persija masih mampu menggagalkan serangan-serangan yang dibangun oleh pemain Barito Putera tersebut. Permainan bola-bola panjang cukup sering ditampilkan pemain asuhan Jackson F Tiago tersebut, tetapi tidak ada peluang matang yang mampu diciptakan.

Barito Berhasil Puncaki Klasemen Sementara Setelah Mengalahkan Persija

Barito Putera pun kerap melancarkan serangan lewat tusukan dari sektor sayap dengan megandalkan kecepatan kedua sayap mereka, Rizky Pora dan Samsul Arif. Peluang tercipta ketika Rizky Pora mampu melakukan tendangan bebas yang membahayakan gawang Persija, tetapi sayang tendangan tersebut masih mampu diamankan dengan baik oleh kiper Persija, Daryono.

Baca juga: Madrid Ingkar Janji, Ronaldo Akan Pergi?

Sementara Persija mencoba membuat peluang dengan memanfaatkan sektor sayap lewat kecepatan Riko Simanjuntak. Selain itu, Persija juga mencoba memanfaatkan keunggulan postur striker mereka, Marko Simic, dengan melancarkan umpan-umpan lambung yang melahirkan duel-duel di udara antara Marko Simic dengan pemain bertahan Barito Putera. Namun, Persija justru mendapatkan peluang emas pada menit ke-18 lewat tendangan Novri yang berdiri bebas tanpa penjagaan. Sayang, tendangan Novri masih melambung di atas mistar gawang Barito Putera.

Skor masih imbang 0-0 hingga akhirnya pada menit ke-24 Barito Putera membuka keunggulan lewat gol dari Dandi Maulana. Dandi Maulana berhasil memanfaatkan umpan Rizky Pora dengan baik lewat sontekan kakinya yang mampu mengecoh Daryono. Skor berubah menjadi 1-0 dengan keunggulan Barito Putera atas Persija. Menyadari ketertinggalannya, Persija mencoba untuk tampil lebih menyerang. Tetapi hingga babak pertama berakhir, hampir tidak ada peluang yang mampu diciptakan Persija. Skor 1-0 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Pada babak kedua, Persija langsung menekan dan menguasai jalannya pertandingan. Keasikan menyerang Barito Putera, tim asuhan Stefano Cugurra Teco ini justru malah kembali kebobolan. Barito Putera berhasil menambah keunggulan lewat gol Paulo Sitanggang pada menit ke-62. Paulo Sitanggang mampu memanfaatkan dengan baik umpan Nazar Nurzaidin sehingga berbuah gol yang mengubah skor menjadi 2-0.

Persija mencoba mengejar ketertinggalan tetapi usaha-usaha yang dilakukan Persija mampu diredam oleh pemain Barito Putera sehingga hampir tidak ada pergerakan dari pemain Persija yang membahayakan gawang Dian Agus Prasetyo. Persija baru mendapatkan peluang lewat Ramadhani Lestaluhu yang dilanggar oleh Hansamu Yama di kotak penalti. Sehingga pelanggaran tersebut berbuah hadiah penalti bagi Persija.

Marco Simic yang menjadi algojo berhasil melakukan penalti dengan baik dan mempertipis ketertinggalan Persija serta mengubah skor menjadi 2-1. Tetapi, tidak lama berselang setelah gol Marco Simic, wasit kemudian meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Persija harus mengakui keunggulan Barito Putera lewat skor akhir 2-1 dengan kemenangan Barito Putera.

Baca juga: Diam-Diam Liverpool Resmi Gaet Fabinho

Kemenangan Barito Putera tersebut menjadi kado ulang tahun bagi sang pelatih, Jackson F. Tiago yang baru saja merayakan hari jadinya yang ke-50 pada Senin (28/5).  Hasil tersebut juga membuat Barito Putera jadi pemimpin klasemen sementara dengan raihan 20 poin. Dengan koleksi 20 poin, Barito Putera berhasil menggeser Persipura yang turun ke peringkat ketiga dengan raihan 18 poin. Sementara Persija berada di urutan ke-11 dengan 13 poin.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password