Manfaatkan Barang-Barang Rumahan Ini untuk Berolahraga

barang rumahan untuk berolahraga

Planetolahraga.com – Di tempat gym, beragam peralatan olahraga mumpuni pasti tersedia. Alat-alat olahraga ini memang punya porsi besar dalam menunjang olahraga yang baik. Masalahnya, bukan rahasia lagi bahwa untuk pergi ke tempat gym dibutuhkan kocek yang tidak sedikit. Namun hal ini tentu saja bisa disiasati. Toh, olahraga harus tetap dilakukan, kan?

Coba saja tengok ke sekeliling rumahmu! Sesungguhnya banyak sekali yang bisa dijadikan pengganti alat-alat gym yang tidak kalah keren. Kamu bisa memanfaatkan berbagai barang yang sudah pasti ada di rumahmu untuk berolahraga. Kuncinya, kreatif dan ada kemauan saja, kok! Nah, apa saja barang-barang yang bisa kamu gunakan untuk kebutuhanmu berolahraga?

Intip 3 barang rumahan untuk berolahraga di bawah ini!

 

1. Sofa

rumah-sofa-1.jpg?fit=1600%2C1172&ssl=1

Kalau kamu pergi ke ruang tamu atau ruang santai keluarga, kamu pasti akan menemukan sofa. Sofa bisa jadi incaran utama untuk dijadikan sebagai alat olahragamu. Dalam bahasa Inggris, olahraga menggunakan sofa sering disebut dengan sofa workout atau couch exercise.

Untuk posisi awal, kamu cukup menempatkan badanmu duku tegak di sofa dengan kaki lurus ke bawah membentuk sudut 30 derajat dari sisi sofa. Gerakan sederhana yang bisa kamu coba adalah leg crunches, dengan menarik badan condong ke belakang dan mengangkat kaki sampai melayang di udara lalu kembali ke posisi awal; lakukan dalam hitungan 10 kali sebanyak 3 set.

Baca juga: Gerakan Gym yang Bisa Dilakukan di Rumah Tanpa Peralatan Khusus

 

2. Kursi

rumah-kursi-1.jpg?fit=1280%2C720&ssl=1

Berbeda dengan sofa, kursi bisa digunakan lebih luwes untuk berbagai macam olahraga, lho! Salah satu yang perlu kamu coba adalah kardio. Dikutip dari darebee.com, ada 4 gerakan kardio di kursi. Pertama, chair jack, duduk tegak dengan kaki rapat dan paha sejajar badan lalu buka kaki selebar mungkin dan angkat kedua tangan ke atas, Kedua, cycling crunches, badan condong ke belakang dan kaki diangkat ke udara lalu gerakkan kaki seperti sedang bersepeda.

Ketiga, knee to elbow twist, dari posisi badan duduk tegak, membungkuk sedikit hingga siku dan lutut yang bersilangan saling menyentuh. Keempat, leg raises with a twist, duduk tegak dengan kedua tangan menyilang di dada dan kaki berselonjor lurus ke lantai, lalu angkat satu kaki sampai lurus di udara dan putar badan; lakukan yang sama pada kaki satunya.

 

3. Tempat Tidur

rumah-bed.jpg?fit=1280%2C720&ssl=1

Barang yang satu ini wajib ada di kamar tidurmu. Mau tempat tidur ataupun kasur lantai, tidak masalah. Keduanya bisa kamu gunakan untuk berolahraga, fungsinya kurang lebih seperti matras. Gerakan olahraga yang mudah dilakukan di tempat tidur antara lain elbow plank bridge, yaitu dengan memposisikan badanmu miring ke kanan atau kiri, lurus dari kepala sampai kaki; posisikan tangan membentuk siku dan kaki bagian bawah sebagai tumpuan, angkat badan perlahan sampai sekitar 20 cm dari kasur dan angkat pula kaki dan tangan ke atas. Ada pula the half bridge, dari posisi tidur terlentang, tarik kaki sampai bagian tungkai lurus ke atas, lalu angkat badan, bokong, sampai paha ke atas.

Baca juga: Baru Pertama Ngegym? Sebaiknya Coba Alat-Alat Berikut Ini

Dengan memanfaatkan ketiga barang rumahan di atas untuk berolahraga, kamu tidak perlu lagi mengeluarkan uang berlebih untuk pergi ke gym. Selain itu, sesi olahraga bisa jadi lebih privat, lho, kalau dilakukan di rumahmu sendiri. Gerakan yang dilakukan pun tidak perlu yang sulit. Cukup lakukan gerakan sederhana, dan bersiaplah punya badan yang sehat dan bugar. Selamat mencoba!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password