Catat! Ini Dia 4 Manfaat Olahraga Menembak Bagi Kesehatan!

manfaat olahraga menembak

Planetolahraga.com – Selama ini, sebagian orang berpikir bahwa olahraga menembak hanya bisa dilakukan oleh kalangan kelas atas. Olahraga menembak di Indonesia memang tidak sepopuler cabang olahraga lain seperti sepakbola dan badminton yang memiliki penggemar sampai ke pelosok Indonesia. Oleh karena itu, peminatnya tidak sebanyak cabang olahraga lain.

Tapi tahukah kamu bahwa cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Asian Games 2019 ini memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh? Tak hanya menawarkan manfaat bagi kesehatan, olahraga menembak juga bermanfaat bagi kondisi mental dan psikis. Ini tidak lepas dari kunci penting seorang atlet menembak yang harus memiliki kontrol kuat terhadap diri sendiri.

Selain itu, atlet menembak juga harus mampu mengendalikan diri dari keadaan yang dapat mengganggu konsentrasinya. Nah, kamu pasti ingin tahu apa saja manfaat olahraga menembak bagi kesehatan, baik fisik maupun mental, bukan? Berikut ulasannya!

 

1. Mempertajam Daya Fokus

Latihan menembak bukan perkara yang mudah, di sini kamu akan berperang dengan dirimu sendiri. Menembak ke arah target membutuhkan kondisi yang fokus bagi atlet atau pemula yang ingin menembak sesuai target sasaran. Melihat target dan mengarahkan senjata agar target tepat sasaran adalah salah satu cara membuatmu menjadi fokus. Kebiasaan menembak ini akan membuatmu terbiasa untuk fokus pada apa yangs sedang kamu kerjakan atau lakukan.

Baca juga: Manfaat Olahraga Panahan Untuk Tubuh Manusia!

 

2. Meningkatkan Kedisiplinan

Olahraga menembak termasuk olahraga yang menantang. Latihan menembak dapat membuatmu belajar untuk disiplin. Disiplin pada setiap tahap-tahap bagaimana memasang kuda-kuda yang baik, posisi tangan yang sesuai dengan aturan penembakan dan latihan menembak akan mengajarkanmu untuk disiplin pada diri sendiri agar dapat mengatur anggota badan dengan baik.

 

3. Membunuh Stres

Selain itu, olahraga menembak tidak hanya untuk pertandingan saja. Menembak juga dapat dilakukan banyak orang untuk membunuh kebosanan. Biasanya orang-orang di perkotaan yang seharian suntuk dengan pekerjaan dan gundah dengan suasana kota dapat memanfaatkan kegiatan menembak agar stres pekerjaan dapat hilang dan suasana hati menjadi lebih baik.

 

4. Meningkatkan Stamina

Melakukan aktivitas menembak tentu membuat tubuh bergerak lebih banyak terutama kedua tangan. Tangan menjadi sering kita gunakan untuk menembak selain pikiran yang harus tetap fokus. Menahan senapan dengan lengan membuat bagian tubuh yang satu ini menjadi kuat.  Olahraga ini dapat membakar kalori dalam tubuh sekitar 170 kalori per jam.

Baca juga: Olahraga yang Baik Untuk Melatih Stamina

Kamu yang mulai bosan dengan liburan yang itu-itu aja, coba deh olahraga menembak bersama teman-temanmu. Jangan takut dengan mahalnya harga untuk satu kali latihan. Ada banyak tempat shooting yang mematok harga murah pada setiap konsumen yang ingin latihan menembak bersama teman-temannya. Yuk kumpulin teman-temanmu dan coba olahraga ekstrem yang satu ini.

Nah, buat kamu yang suka olahraga dan hobi baca berita seputar olahraga, dan jago nulis, ini adalah kesempatan terbaik kamu untuk menyalurkan hobi tersebut. Dengan bergabung bersama Partner Aidia, kamu bisa mengirimkan artikel seputar olahraga, tips olahraga atau review pertandingan yang akan dimuat di laman planetolahraga. Tidak sekedar menyalurkan hobi, kamu juga bisa memperoleh profit dari setiap artikel yang berhasil dimuat. Tunggu apalagi, segera daftarkan dirimu di Partner Aidia.

Sumber gambar: services.sportourism, statik.tempo, amabeltravel, karyaone, cdn.shopify, 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password