Tampil Kurang Memuaskan Sepanjang Musim, Ini Alasan Yamaha Tidak Berkembang Menurut Rossi

Tampil-Kurang-Memuaskan-Sepanjang-Musim,-Ini-Alasan-Yamaha-Tidak-Berkembang-Menurut-Rossi

PlanetOlahraga.com – Siapa yang tak suka dengan ajang balap Moto GP? Banyak pebalap idola seperti Rossi, Marquez dan lain sebagainya. Sayangnya balap motor ini juga terkadang membuat kita geregetan ketika ada satu atau dua pebalap yang bermain curang misalnya. Terlepas dari itu, mereka beraksi dengan sangat memukau bersama dengan motor yang ditungganginya. Rossi dengan Yamaha yang baru-baru ini menarik banyak perhatian dari netizen. Mengapa? Ada alasan Yamaha tidak berkembang menurut Rossi yang akhirnya membuka suara.

Kritik ini dikeluarkan untuk tim yamaha yang juga berperan penting pada keberhasilan Rossi. Bahkan, Valentino Rossi sendiri tak sungkan mengungkapkan hal tersbeut setelah adanya MotoGp Thailand. Ingin tahu apa alasan dari tidak berkembangnya motor Yamaha untuk diandalkan pada ajang balap? Yuk simak alasannya dibawah ini!

Alasan Yamaha Tidak Berkembang Menurut Rossi

Ini Alasan Yamaha Tidak Berkembang Menurut Rossi

Valentino Rossi berharap timnya bisaa tampil kompetitif setelah adnaya MotoGP Thailand. Bahkan menurutnya hal ini bsia menjadi kunci untuk bisa bersaing dengan Hodna dan juga Ducatti. Dua pemabalap dari yamah seperti Rossi dan Maverick Vinales sendiri tampil kompetitif sejak adanya sesi tes bebas hingga adanya balapan yang ada di Sirkuit Internasional Chang.

Sementara dari The Doctor finish menjadi keempat dan juga Vinales ada di posisi atau podium ketiga. Hal ini dikarenakan adanya performa yang impresif dari Yamaha serta menjadi modal bagus untuk keduanya. Setidaknya tim pabrikan asal Jepang ini memiliki kans untuk menghentikaan dominasi dari Honda dan Ducatti musim ini.

Alasan Yamaha tidak berkembang menurut Rossi bisa karena komponen yang ada di dalamnya. Sudah berulang kali Valentino Rossi mengatakan bahwa kesalahan Yamah adalah pada komponen elektroniknya. Hal ini yang membuatnya akhirnya tertinggal dari Honda dan juga Ducati hingga detik ini. Sayangnya, Yamaha ini juga masih belum bisa berbenah dengan cepat hingga empat seri setelah berjalannya MotoGP di tahun 2018 ini.

Baca juga: Jalani Debut MotoGP Tanpa Kecelakaan, Joan Mir Merasa Puas

Ini Alasan Yamaha Tidak Berkembang Menurut Rossi

Bagi Rossi, komponen mekanis seperti misalnya sasis, swingarm, ban dan lainnya hanyalah memegang sekitar 25 persen kesalahan dan juga 75 persennya karena ECU. Inilah alasan Yamaha tidak berkembang menurut Rossi yang juga mendesaknya untuk mendatangkan teknisi elektronik dari luar serta menaklukkan ECU dari Magneti Marelli. Meski sayangnya, Yamaha tidak jadi melakukannya karena percaya pada teknisi internal.

Padahal jika dilihat sudah dua tahun sejak 2016, Yamaha tidak bisa berkembang karena adanya masalah pada ECU. Sementara datang dari Direktur Teknologi MotoGP, Corrado Cechinelli sendiri mengatakan bahwa jawaban untuk maslaah ECU ini adalah kalibrasi. Cara kerjanya memang sama untuk semua orang. Hanya saja yang menjadi pembeda yakni ribuan kombinasi angka di program tiap pabrikan.

Baca juga: Helm yang digunakan Riders MotoGP

Ini Alasan Yamaha Tidak Berkembang Menurut Rossi

Secara garis besar, alasan Yamaha tidak berkembang menurut Rossi adalah karena ECU. Komponen ini memang mengatur adanya seluruh kontrol yang ada di motor. Strategi kontrol sasis, wheelie dan juga traksi ini memang tiap tim berbagai dengan mode fungsi yang sama. Mereka bisaa menghasilkan pengurangan torsi. Sehingga ketika adanya akselesrasi di trek lurus maka kontrol traksi dan wheelie sendiri beroperasi secara paralel.

Torsi berlebih tidak bisa keluar jika tidak diizinkan oleh perangkan elektronik dan begitu juga sebaliknya. Alasan Yamaha tidak berkembang menurut Rossi yang harus segera diperbaiki. Sementara untuk kasus torsi tersebut juga menyebabkan mengapa motor motoGP sekarang tidak mudah mengalami wheelie ketika berakselerasi.

Melihat bagaimana alasan Yamaha tidak berkembang menurut Rossi memanglah disayangkan. Akankah mereka segera memperbaiki apa yang menjadi kekurangannya? Mampukan Rossi menaklukkan tiap lap balap yang ada di depannya menggunakan Yamaha.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password