Ladies, Catat 7 Persiapan ini Sebelum Tekuni Olahraga Memanah!

Ladies, Catat 7 Persiapan ini Sebelum Tekuni Olahraga Memanah!

Planetolahraga.com – Pasca tayangnya film 3 Srikandi 2016 lalu, minat kaum hawa pada olahraga memanahsemakin meningkat. Hingga kini, masih banyak kaum wanita yang tertarik pada memanah. Memanah sejatinya memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Salah satu yang menarik minta kaum hawa menekuni olahraga ini adalah memanah dapat membentuk tubuh menjadi lebih ideal. Namun, kaum hawa, kamu perlu tahu bahwa segudang manfaat itu tidak akan berarti jika kamu melupakan 7 hal ini.

7 Persiapan Memanah yang Perlu Diketahui

1. Riwayat penyakit harus kamu pertimbangkan sebelum terjun olahraga memanah

Ladies, Catat 7 Persiapan ini Sebelum Tekuni Olahraga Memanah!

Jangan pernah mengabaikan riwayat penyakit yang kamu derita ya (Foto: Pixabay)

Apabila kamu memiliki riwayat penyakit atau cedera, maka sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Olahraga memanah dapat berefek negatif terhadap penyakit yang pernah diderita. Hal ini karena memanah termasuk olahraga ekstrem untuk wanita yang membutuhkan kekuatan fisik yang besar.

Apabila saat melakukan olahraga ini tiba-tiba merasa nyeri di bahu, lengan, punggung, siku atau dada, maka berhentilah! Rasa nyeri tersebut bisa jadi tanda awal cedera otot. Jadi, jangan sampai terlena ya!

2. Pemilihan busur juga tidak boleh luput dari perhatianmu

Ladies, Catat 7 Persiapan ini Sebelum Tekuni Olahraga Memanah!

Busur Mongolian dan anak panah (Foto: Pexels.com)

Menarik busur dengan menempatkan tekanan pada otot tangan, otot dada, bahu dan punggung merupakan salah satu cara memanah membentuk tubuh bagian atas. Tetapi, jika kamu terutama kaum wanita salah memilih busur, tentu olahraga ini dapat menyebabkan cedera otot. Pastinya kamu tidak ingin mengalami hal tersebut, bukan?

Agar tidak terjadi cedera tersebut, kamu perlu memilih busur dengan tegangan tali yang sesuai dengan kekuatanmu. Sehingga, pada saat menarik busur tidak akan terasa berat. Apapun jenis busur yang kamu pilih, sebaiknya pilih yang benar-benar proporsional dengan postur tubuh.

Busur yang ringan dan tidak terlalu besar juga akan lebih nyaman digunakan oleh wanita. Sedangkan busur yang terlalu besar membutuhkan string yang panjang, sehingga ketika menarik busur, string akan membentur bagian dada. Selain itu, pemula lebih baik menggunakan busur dengan harga murah. Biasanya busur yang dipakai pemula akan lebih cepat rusak dan konsekuensinya, akan menguras kantong bila menggunakan busur yang mahal.

3. Alat pengaman menjadi satu hal yang penting diperhatikan apalagi bagi wanita

Ladies, Catat 7 Persiapan ini Sebelum Tekuni Olahraga Memanah!

Memanah menggunakan finger glove (Foto: Pixabay.com)

Wanita dikaruniai tubuh yang indah oleh sang pencipta, maka kita harus menjaganya. Ketika melakukan olahraga memanah, tidak jarang tali busur akan melukai jari dan bagian dada. Untuk menghindarinya, maka sebaiknya kenakanlah pelindung jari dan pelindung dada. Dalam dunia memanah, pelindung jari dikenal dengan nama finger tab, finger gloves atau kake. Sedangkan pelindung dada dikenal dengan nama chest guard atau muneate.

4. Pilih dahulu tempat berlatih olahraga memanah yang sesuai untukmu

Ladies, Catat 7 Persiapan ini Sebelum Tekuni Olahraga Memanah!

Target point sebagai target pada olahraga memanah (Foto: Pixabay.com)

Olahraga memanah merupakan olahraga yang termasuk dalam seni bela diri, sehingga perlu menjaga keselamatan diri sendiri dan lingkungan sekitar. Anak panah yang melesat dari busur tentunya berbahaya bagi lingkungan sekitar apalagi apabila banyak manusia berlalu lalang. Memanah ataupun sering disebut panahan membutuhkan poin target untuk menancapkan anak panah yang melesat. Poin target setidaknya diletakkan 3 meter dari penembak.

Dalam radius 3 meter tersebut, harus steril dari makhluk yang berlalulalang agar tidak terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan. Jika kamu tidak memiliki tempat untuk berlatih, kamu dapat bergabung dengan klub memanah di kotamu. Selain dapat bersosialisasi, kamu juga dapat memanfaatkan fasilitas tempat memanah yang aman di sana.

5. Pelajari teknik memanah yang tepat dari instruktur agar terhindar dari cedera

Ladies, Catat 7 Persiapan ini Sebelum Tekuni Olahraga Memanah!

Berlatih dengan sang ahli tentu bisa menyelamatkanmu dari cedera (Foto: Pexels.com)

Dalam dunia memanah, terdapat banyak teknik dan aturan. Teknik dan aturan dipengaruhi oleh jenis alat memanah yang akan kamu pilih. Teknik yang dipakai dalam seni Jemparingan akan sangat berbeda dengan teknik-teknik yang dipakai dalam seni Kyudo atau teknik-teknik yang digunakan pada panahan modern.

Mempelajari teknik memanah dari instruktur yang berpengalaman akan memberikanmu pengetahuan yang benar serta mengurangi cedera saat membidik. Belajar sendiri (otodidak) via internet juga dapat kamu lakukan. Akan tetapi, alangkah baiknya apabila didampingi oleh seseorang yang sudah ahli dalam memanah.

Baca juga: Manfaat Olahraga Panahan Untuk Tubuh Manusia!

6. Memanah akan menjadi lebih asyik apabila ditemani rekan sesama pemanah

Ladies, Catat 7 Persiapan ini Sebelum Tekuni Olahraga Memanah!

Memanah bersama dengan anak menjadi pelajaran berharga bagi anak (Foto: wego.co.id)

Rekan memanah menjadi hal yang penting bagi wanita. Jika kamu adalah ibu muda yang telah membina keluarga, latihan memanah dengan keluarga akan menjadi pilihan yang tepat. Selain untuk diri sendiri, kamu juga dapat mengajarkan kesabaran, koordinasi dan fokus kepada anak-anak. Jika kamu termasuk wanita yang masih single, akan lebih tepat jika kamu melakukan latihan memanah dengan para sahabat atau rekan sebaya. Selain mendapat manfaat dari memanah, kamu juga dapat bersosialisasi dan membangun relasi.

Baca juga: Ini Cara dan Manfaat Olahraga Memanah

7. Tetapkan tujuan utama dalam memilih olahraga memanah

Ladies, Catat 7 Persiapan ini Sebelum Tekuni Olahraga Memanah!

Latihan memanah dengan tujuan berburu membutuhkan lebih banyak latihan (Foto: Pexels.com)

Tujuan memanah menjadi kunci seberapa sering kamu harus meluangkan waktu untuk latihan. Waktu yang dibutuhkan untuk latihan seorang yang memiliki tujuan membentuk tubuh, berburu, atau mengikuti pertandingan, akan berbeda dengan seseorang yang tujuannya sekedar untuk berolahraga atau melepas stres. Semakin tinggi tujuanmu, maka semakin banyak waktu yang diperlukan untuk latihan.

Nah, itulah 7 hal yang harus diperhatikan wanita sebelum menggeluti olahraga memanah. Memiliki tubuh yang sehat dan proyeksi masa depan yang lebih terfokus tentu akan menunjang misi #PerempuanBerdaya versimu. Setelah membaca ulasan di atas, apakah sekarang kamu sudah siap memilih memanah sebagai olahraga favoritmu? Yuk jadikan olahraga keren ini sebagai bagian dari gaya hidup sehatmu!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password