6 Gerakan Membentuk Otot Perut yang Bisa dilakukan di Sofa Rumahmu

gerakan membentuk otot perut

Planetolahraga.com – Punya perut yang ramping dan bahkan berotot kian diminati banyak orang. Bukan cuma oleh kaum perempuan, kaum laki-laki pun mendamba hal yang sama. Memang, sih, perut ramping bisa jadi salah satu ciri bahwa tubuh sehat karena minim lemak. Selain itu, punya perut ramping juga bisa jadi patokan keberhasilan menjaga pola makan sehat dan olahraga.

Betul sekali, untuk mendapatkan perut ramping dan berotot, dibutuhkan kombinasi olahraga yang disiplin dan pola makan sehat yang teratur. Kalau hanya salah satu, dijamin akan sulit mewujudkan impian perut ramping ini. Nah, urusan olahraga membentuk otot perut, biasanya orang-orang akan pergi ke gym dan workout dengan program khusus.

Padahal, kamu bisa melakukannya di rumah, loh! Hanya bermodalkan sofa, kamu sudah bisa melakukan gerakan membentuk otot perut. Apa saja gerakannya?

Simak 6 gerakan membentuk otot perut dengan menggunakan sofa

Disarikan dari situs Darebee, ada 6 gerakan untuk membentuk otot perut yang dilakukan dengan bantuan sofa. Gerakan-gerakan ini dinamakan sofa abs.

sofa-1.jpg?fit=1200%2C694&ssl=1

1. Leg Swings

Gerakan kesatu adalah dengan mempersiapkan diri duduk di sofa dengan kedua kaki membentuk sudut 30 derajat dari pinggiran sofa. Mulai dengan mengangkat satu kaki dengan cara diayunkan ke atas dan kembali ke posisi asal. Badan tetap dalam posisi tegak. Gerakan ini dilakukan sebanyak 20 kali. Setelah selesai dengan satu kaki, ganti dengan kaki satunya.

 

2. Raised Knee Hold

Gerakan kedua, posisi awal tetap sama. Dengan posisi kaki sejajar, angkat kedua paha sampai lutut lebih tinggi posisinya daro paha dan tungkai kaki terangkat ke udara. Badan tetap tegak, kedua tangan boleh disandarkan pada dudukan sofa untuk bantu menahan. Posisi seperti ini ditahan selama hitungan 20.

sofa-2.jpg?fit=1200%2C694&ssl=1

Baca juga: Latihan Membentuk Otot Triceps yang Bisa Dilakukan

 

3. Knee to Elbows

Gerakan ketiga adalah mengkombinasikan gerakan kaki dan lengan. Lebih tepatnya, mempertemukan lutut dengan siku. Setelah siap dengan posisi awal, angkat kaki kiri sampai menggantung. Posisikan agak ke tengah. Dalam waktu yang bersamaan, buat lengan kanan membentuk sudut 90 derajat, turunkan sedikit sampai siku menyentuh lutut. Kembali lagi ke posisi semula. Ingat, kaki dan lengan yang digunakan harus bersilangan. Lakukan gerakan berulang sebanyak 20 kali untuk masing-masing pasangan kaki dan tangan.

 

4. Flutter Kicks

Gerakan keempat, mengibas-ngibaskan kedua kaki di udara. Caranya, dari posisi awal, letakkan kedua tangan di samping badan untuk menahan. Angkat kedua kaki sampai lurus sejajar badan. Turun-naikkan kaki secara bergantian, seperti gerakan mengibas. Lakukan 20 kali.

sofa-3.jpg?fit=1200%2C694&ssl=1

5. Raised Leg Twists

Gerakan kelima, mengkombinasikan gerakan kaki dan dan badan. Dari posisi duduk awal, angkat kedua kaki dengan sejajar sampai posisinya mengantung di udara. Dalam waktu yang bersamaan, kedua telapak tangan saling menggenggam, tangan dijulurkan, lalu putar badan ke kiri dan ke kanan bergantian. Lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali saja.

Baca juga: Tips Latihan Kekuatan Otot untuk Pemula Agar Terhindar dari Cedera

 

6. Scissors

Gerakan yang keenam atau terakhir adalah gerakan gunting. Kedua kaki diangkat ke atas sampai sejajar dengan badan, dengan posisi menyilang menyerupai bentuk gunting. Letakkan kaki kanan di atas kaki kiri, lalu lakukan sebaliknya. Lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali.

Keenam gerakan ini cukup mudah dilakukan, bahkan oleh pemula sekalipun. Perlu diingat untuk selalu melakukan pemanasan di awal dan pendingan di akhir, dengan gerakan sederhana saja. Sofa abs ini bisa dilakukan sesuai dengan levelnya. Level I dilakukan sebanyak 3 set, level II sebanyak 4 set, dan level III sebanyak 5 set. Jangan lupa, selingi dengan istirahat selama 30 detik di tiap gerakan dan 2 menit di tiap set. Sudah siap membentuk otot perutmu?

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password