4 Poin Vital Soal Olahraga Ini Perlu Diperhatikan Seiring Bertambahnya Usia!

tips olahraga untuk lanjut usia

Planetolahraga.com – Usia memang bukan menjadi halangan untuk kita berolahraga. Namun ketika usia sudah tidak muda lagi, performa tubuh kita sedikit demi sedikit juga akan menurun. Itulah kenapa kita perlu memperhatikan beberapa hal agar terhindar dari risiko yang tidak diinginkan saat berolahraga. Menjadi tua dan tetap sehat dengan berolahraga adalah hal yang baik, lebih baik lagi jika Anda mampu mengaplikasikan empat poin vital berikut ini.

 

1. Pilih Olahraga yang Aman

Sumber: pinterest .com

Sangat perlu untuk memilih olahraga yang aman ketika usia sudah tak muda lagi. Hindari olahraga yang terlalu menguras tenaga. Namun, untuk lari maraton atau bersepeda jarak jauh sepertinya masih boleh Anda lakukan asalkan dipersiapkan dengan cermat, mulai dari stamina tubuh hingga peralatan yang akan digunakan.

Baca juga: 6 Tips Menghindari Dehidrasi Ketika Olahraga

 

2. Ukur Kembali Kemampuan

Sumber: goodyfeed .com

Saat kita masih muda dan penuh energi, kita bisa mencapai target-target yang berat saat berolahraga. Namun, seiring berjalannya waktu, kita perlu mengukur kembali kemampuan yang kita miliki. Kita perlu mempertimbangkan baik-baik tentang kemampuan kita untuk melakukan olahraga tertentu. Semisal olahraga yang memiliki risiko tinggi seperti diving, selancar air, panjat tebing, dan lain sebagainya.

 

3. Rutin Periksa Kesehatan

Sumber: jeremygreen .net

Memeriksakan kesehatan secara rutin sangat diperlukan seiring bertambahnya usia. Hal ini akan membuat kita mengetahui keadaan kesehatan kita secara berkala. Anda juga bisa berkonsultasi perihal olahraga apa yang cocok untuk Anda jalani kepada dokter. Tanyakan apakah olahraga yang sekarang sedang Anda jalani sudah sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Baca juga: Tips Sehat Nonton Pertandingan Piala Dunia

 

4. Miliki Pola Makan yang Baik

Sumber: mirror .co.uk

Terkadang bagi yang terbiasa mengkonsumsi berbagai jenis makanan, akan kesulitan mengerem hasrat kuliner. Makanan-makanan yang perlu Anda kurangi tentu saja yang mengandung banyak kolesterol. Kemudian Anda juga perlu mendapatkan nutrisi seimbang, sehingga akan membuat fungsi gerak Anda terasa lebih baik ketika berolahraga.

Demikianlah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk berolahraga ketika usia tidak muda lagi. Anda dapat mengikuti empat poin vital tersebut agar terhindar dari risiko terkena penyakit jantung dan stroke. Selain berolahraga, Anda juga perlu menjaga pola makan dan asupan nutrisi. Nutrisi yang diperlukan adalah omega 3, 6, dan 9 yang berguna untuk melawan kolesterol jahat.

Bila Anda merasa membutuhkan asupan omega 3, 6, dan 9, Anda bisa memperolehnya dari ikan salmon. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen makanan seperti Omepros yang memiliki kandungan omega 3, 6, dan 9. Omepros terbuat dari bahan alami seperti minyak salmon, biji blackcurrant, dan flaxseed. Kandungannya antara lain adalah omega 3, 6, 9, DHA, EPA, dan vitamin E. Hal ini tentunya akan sangat menunjang kebutuhan Anda akan keseimbangan nutrisi yang kemudian akan membangun energi untuk tubuh yang sehat. Omepros, balancing your life!

Sumber featured image: huffingtonpost .com

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password