4 Tips Mencegah Kram Otot Saat Lari

tips mencegah kram saat lari

Planetolahraga.com – Kram otot merupakan kondisi yang lazim terjadi ketika sedang olahraga terutama olahraga lari. Kram otot terjadi karena otot melakukan gerakan tak sadar secara tiba-tiba sehingga membuat bagian otot menjadi menegang. Pada umumnya, otot bisa dikendalikan secara sadar mengikuti gerakan yang diinginkan. Tetapi ketika mengalami kram otot, beberapa otot berkontraksi di luar kendali sehingga akhirnya menegang dan terjadilah kram. Kram otot bisa berlangsung selama beberapa beberapa detik hingga seperempat jam.

Tips Mencegah Kram Otot Saat Lari yang Bisa Anda Coba

Proses terjadinya kram otot seperti diungkapkan dr Melissa dilansir dari Sahabatnestle.com, ternyata dipengaruhi oleh faktor usia. Semakin bertambah usia seseorang maka potensi mengalami kram otot saat berolahraga menjadi semakin besar. Faktor lain yang memungkinkan terjadinya kram otot adalah kurangnya asupan nutrisi dalam tubuh. Tubuh yang kekurangan nutrisi penting seperti misalnya vitamin B kompleks dan beberapa mineral bisa membuat potensi terjadinya kram otot menjadi lebih besar. Selain itu, kram otot juga bisa disebabkan oleh peredaran darah yang tidak lancar.

Kram otot ketika olahraga terutama ketika berlari sebenarnya bukan hal yang sama sekali tidak bisa dihindari. Kram otot sebenarnya bisa dicegah dengan beberapa hal. Dilansir dari Runner.id, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah kram otot. Yuk simak ulasan berikut untuk tahu empat tips mencegah kram otot saat lari!

 

1. Perhatikan Kebutuhan Cairan

Kebutuhan cairan dalam tubuh merupakan hal penting yang harus diperhatikan untuk mencegah kram otot. Untuk itu, ketika melakukan olahraga lari sebaiknya penuhi jumlah cairan yang dibutuhkan tubuh, jangan hanya minum ketika haus saja. Kamu bisa mengetahui apakah tubuhmu sudah terhidrasi dengan baik atau belum dengan melihat warna urin. warna urin yang jernih menunjukkan bahwa tubuh terhidrasi dengan baik. Sebaliknya, bila warna urin kuning pekat artinya tubuh mengalami dehidrasi.

Baca juga: Olahraga Lari Atau Jalan Kaki Untuk Membakar Lemak Tubuh Secara Ampuh?

 

2.      Perhatikan Asupan Elektrolit

Jika kamu sering mengalami kram otot saat lari sebaiknya kamu mengkonsumsi minuman yang mengandung elektrolit. Menjaga kadar natrium dan kalium tubuh adalah suatu keharusan dalam pencegahan kram saat berlari. Asupan kalium pun dapat kamu peroleh dengan mengkonsumsi pisang atau jeruk.

 

3. Tidak Usah Terlalu Memaksakan

tips olahraga tak cepat lelah

Apabila kamu berolahraga terlalu keras, maka kemungkinan kram otot lebih besar. Peningkatan intensitas latihan fisik dalam waktu yang mendadak yang disertai dengan durasi latiha yang berlebihan dapat menyebabkan otot kelelahan dan hal ini meningkatkan resiko terjadinya kram otot. Resiko terjadinya kram otot juga akan meningkat apabila tidak melatih kekuatan otot dasar secara spesifik. Hal ini akan menyebabkan otot-otot kaki tidak siap untuk membawa kamu berlari lebih jauh atau lebih cepat.

 

4. Lakukan Peregangan

Peregangan otot merupakan salah satu cara untuk mencegah terjadinya kram otot. Tidak hanya itu, peregangan sebelum dan setelah olahraga pun akan mencegah dari kemungkinan terkena cedera lain. Apabila otot dalam keadaan lelah, melakukan peregangan sebelum tidur juga akan membantu untuk mengurangi kram saat tidur.

Baca juga: Baru Mulai Jogging? Ini Tips Memilih Sepatu Lari yang Tepat

Itulah empat tips yang bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya kram otot ketika lari. Apabila tips berikut diterapkan, resiko terjadinya kram otot lebih sedikit dibandingkan tidak melakukannya. Ketika terlanjur mengalami kram otot ketika lari, sebaiknya segera hentikan aktivitas lari. Diam sejenak sampai kram tersebut benar-benar berhenti. Kamu bisa melakukan pemijatan ringan agar otot menjadi lebih rileks. Selain itu, kamu juga bisa berendam dalam air panas otot-otot tubuh lebih rileks dan tidak mudah menegang.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password