4 Latihan Angkat Beban untuk Meningkatkan Berat Badan Lebih Mudah

meningkatkan berat badan

Planetolahraga.com – Bagi sebagian orang, berat badan berlebih tentu mengganggu. Namun ada juga sebagian lainnya yang memiliki tubuh kurus dan membutuhkan  usaha untuk mencapai berat badan ideal. Selain makan makanan bergizi, sebaiknya anda juga melengkapi usaha dengan melakukan latihan angkat beban untuk meningkatkan berat badan lebih. Latihan ini akan memberi manfaat yang bagus dalam tubuh kita.

Namun, melakukan angkat beban haruslah disertai dengan cara yang benar. Jika melakukannya dengan salah maka bisa berakibat fatal. Jika ingin melakukan latihan ini sebaiknya ketahui dengan benar bagaimana cara dan langkah – langkahnya. Berikut ini beberapa latihan dalam angkat beban yang dipercaya bisa membantu meningkatkan berat badan kita. Dijamin mudah!

4 Latihan Angkat Beban untuk Meningkatkan Berat Badan

 

1. Deadlift

Latihan angkat beban yang pertama dan bisa dilakukan dengan mudah adalah dengan deadlift. Latihan ini merupakan mengangkat barbel dari lantai sampai pada posisi sejajar dengan pinggul. Letakkan kembali ke lantai seperti semula.

Latihan ini adalah latihan dasar yang mana biasanya dilakukan juga dengan squat atau gerakan setengah jongkok dan juga menekuk dengan posisi 90 derajat. Condongkan tubuh dan juga punggung sedikit ke arah depan. Lakukan beench press atau mengangkat beban dengan posisi tubuh berbaring.

Baca juga: Tips Latihan Kardio yang Ampuh Bakar Banyak Lemak

 

2. Barbel Lunge

Berikutnya adalah latihan angkat beban Barbel Lunge. Sama dengan gerakan lunges biasanya. Hanya saja anda harus menggenggam barbel pada kedua sisi tubuh. Caranya terbilang mudah yaitu dengan berdiri tegak. Majukan satu kaki ke arah depan dan cukup lebar. Pastikan lutut kaki berada di bagian belakang mengenai lantai.

 

3. Pull Up

Pull Up menjadi salah satu latihan angkat beban untuk meningkatkan berat badan. Gerakan mengangkat badan dan juga mengandalkan kekuatan pada tangan kita. Nantinya anda akan bertumpu pada pegangan yang lebih tinggi lagi. Caranya adalah dengan berdiri di bawah tiang penyangga. Raih tiang tersebut dengan cara melompat. Angkat tubuh dan dengan cara perlahan. Lakukan hingga leher anda bisa menjadi lebih tinggi dari palang pull up.

Baca juga: Olahraga Membentuk Otot Tanpa Alat yang Bisa Dilakukan di Rumah

 

4. Bent Over Now

Cara berikutnya tidak jauh berbeda dengan sebelumnya. Hanya saja ben over now ini akan membuat lutut anda sedikit menekuk. Dorong pantat ke atas dan condongkan bagian dada ke arah depan. Awalnya, anda bisa mengambil barbel yang ada di lantai. Kemudian posisikan tubuh dengan posisi yang sesuai dan angkat barbel hingga sejajar dengan perut anda.

Tidak hanya dengan gerakan angkat beban ini saja anda bisa menambah berat badan. Tetapi untuk hasil yang maksimal anda bisa melakukan beberapa hal lainnya. Pastikan untuk cukup istirahat, lakukan beberapa kali pengulangan dari latihan angkat beban tersebut. Jika anda merupakan pemula maka sebaiknya mintalah bantuan dari personal trainer yang ada di tempat gym. Hal ini bertujuan agar lebih efektifnya latihan yang dilakukan dan menghindarkan anda dari cedera.

Penuhi kebutuhan nutrisi otot dengan lemak sehat dan juga protein serta karbohidrat melalui makanan yang anda konsumsi. Pastikan jenis makanan yang ada memanglah baik dan mampu merangsang terbentuknya otot. Istirahat yang cukup serta hindari rasa stress yang berlebihan jika ingin berat badan ideal atau bertambah.

Ikuti latihan angkat beban untuk meningkatkan berat badan lebih ini. Sebaiknya melakukannya dengan benar agar mendapat hasil yang maksimal. Jangan ragu untuk meminta bantuan dari trainer yang ada di tempat gym agar anda bisa melakukannya dengan benar. Selamat mencoba!

Ingin tetap update dengan info terbaru dari dunia olahraga?

Caranya mudah! Isi formulir di bawah ini & dapatkan pulsa 50.000 setiap minggunya ! *S&K berlaku

*
*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password