4 Jenis Pendinginan yang Perlu Dilakukan Usai Berolahraga

pendinginan setelah olahraga

Planetolahraga.com – Melakukan pendinginan setelah menjalani aktivitas olahraga adalah hal yang semestinya selalu dilakukan. Hal ini bertujuan untuk menyiapkan tubuh dalam melakukan kegiatan-kegiatan setelah berolahraga. Saat berolahraga banyak bagian tubuh kita yang bekerja.

Maka dari itu untuk menstabilkannya lagi, pendinginan sangat perlu untuk dilakukan. Ada beberapa gerakan yang bisa kamu lakukan untuk pendinginan. Simak beberapa gerakan di bawah ini untuk bisa kamu praktekkan setelah berolahraga.

 

1. Peregangan Betis

Peregangan betis dapat dilakukan dengan berdiri tegak dengan kaki kanan di depan dan kaki kiri di belakang, lurus dengan punggung. Pastikan kedua kaki sepenuhnya menapak, lurus dan menghadap depan. Lalu, tekuk kaki kanan depan perlahan dan turunkan tubuh sedikit. Kamu seharusnya merasakan tarikan di betis belakang kaki kiri. Lakukan ini selama 15 detik untuk setiap kaki.

 

2. Peregangan Hamstring

Peregangan hamstring dapat dilakukan dengan posisi kaki kanan di depan dan kaki kiri di belakang. Tetapi kali ini jaga kaki kananmu tetap lurus dan kaki kiri menekuk.  Letakkan tangan di pinggang, dan angkat bagian depan telapak kaki kanan sehingga yang menapak hanya bagian tumit.

Dengan kaki kiri menekuk, tekuk badan sedikit ke arah kaki kanan. Ingatlah untuk menjaga punggung tetap lurus selama peregangan hamstring, dan lakukan ini selama 15 detik untuk setiap kaki. Melakukan pendinginan jenis ini tentu menghindarkan Anda dari cedera pasca latihan berlebih. Selain itu, peregangan hamstring juga berguna untuk melancarkan peredaran darah dan mengurangi risiko otot yang kaku.

 

3. Kepala ke Lutut

Peregangan ini dapat dilakukan dengan duduk di bawah dengan kaki kanan menekuk ke dalam dan kaki kiri tetap lurus. Tekan telapak kaki kanan ke paha kaki kiri, dan cobalah untuk menekuk tubuh ke arah kaki kiri hingga kepala menyentuh lutut. Jaga bahu tetap sejajar dengan permukaan.

Tahan posisi ini selama 30 detik dan tukar posisi kaki. Peregangan jenis ini mampu menghindarkan Anda dari risiko cedera. Selain berguna untuk menekan risiko tersebut, gerakan ini juga melatih kelenturan tubuh Anda. Nah jenis pendinginan ini tentu akan banyak membantu Anda, terutama bagi yang sering merasakan kaku di bagian punggung setelah lama tidak melakukan olahraga.

 

4. Peregangan Paha

Cobalah berdiri tegak. Dengan menggunakan tangan, tarik kaki kanan ke belakang menuju bokong. Kamu akan merasakan tarikan di bagian depan paha kanan. Jaga keseimbangan tubuh dan cobalah untuk tidak berpegangan pada apapun. Tahan posisi ini selama 15 detik dan kemudian tukar kaki.

Demikianlah beberapa jenis peregangan yang dapat kamu lakukan sesaat setelah berolahraga. Alangkah lebih baiknya jika kamu mengimbangi aktivitas olahragamu dengan mengonsumsi makanan bernutrisi.

Menjaga asupan nutrisi bisa dimulai dengan banyak cara, baik mengatur pola makan sehari-hari hingga mengonsumsi suplemen makanan yang kaya akan nutrisi seperti Omepros.

Omepros mengandung beragam nutrisi yang diperlukan tubuh, seperti Omega 3, 6, 9, EPA, DHA, dan Vitamin E. Nutrisi ini diperlukan tubuh untuk melindungi tubuh dari radikal bebas dan menekan risiko yang ditimbulkan oleh penumpukan lemak dalam darah. Omepros tersusun dari bahan-bahan alami seperti minyak biji blackcurrant, canola oil, olive oil, dan ekstrak salmon yang membuatnya aman untuk dikonsumsi secara rutin. Yuk jadikan Omepros sebagai bagian dari pola hidup sehat Anda. Omepros, balancing your life!

Sumber gambar: sehatnesia, cerpen, runnersworld, merahputih, hellosehat

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password