4 Gerakan Olahraga dengan Resistance Band, Yuk Coba Ladies!

olahraga dengan resistance band

Planetolahraga.com – Olahraga merupakan kebutuhan tiap orang. Baik tua maupun muda, pria atau wanita. Olahraga memiliki dampak yang penting bagi tubuh kita karena akan menyehatkan tubuh serta menghalau penyakit yang datang. Tak jarang penyakit menyerang tubuh kita karena jarangnya kita berolahraga. Anda bisa berolahraga dengan ataupun tanpa alat. Jika ingin menggunakan alat seperti yang sedang ramai di media sosial, maka cobalah menggunakan resistance band. Lata olahraga ini begitu mudah untuk digunakan. Lalu bagaimana gerakan olahraga dnegan resistance band?

Sebenarnya tidak ada aturan yang pasti mengenai olahraga menggunakan resistance band ini. Anda bisa menyesuaikan durasinya dengan kondisi tubuh kita misalnya saja seperti yang sudah terbiasa untuk berolahraga dan juga tidak. Pastikan anda telah melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum menggunakan resistance band. Di bawah ini beberapa gerakan yang akan membantu anda.

4 Gerakan Olahraga dengan Resistance Band

 

1. Lat Pulls

Gerakan yang pertama yang bisa anda lakukan adalah Lat Pulls. Gerakan yang mana dengan menarik kedua ujung resistance band hingga posisi kedua tangan memang benar-benar lurus. Tujuannya untuk melatih otot yang ada di punggung dan juga tangan kita.

Caranya adalah dengan berdiri dalam posisi tegak. Kedua tangan berada dengan posisi lurus ke atas. Pegang resistanc band di kedua tangan dan tarik ujungnya hingga lurus. Dengan posisi menarik ini, pastikan anda memberikan tekanan pada kedua tangan sampai terasa kencang. Ulangi gerakan tersebut hingga pada pengulangan 16 kali.

Baca juga: Gerakan Dasar Senam Aerobik Untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

 

2. Side Step Squat

Berikutnya, gerakan olahraga dengan resistance band adalah side step squat. Posisi ini memang diyakini baik untuk otot yang ada pada pantat kita dan juga bagian paha. Agar bisa mendapatkan hasil terbaik, dorong pantat ke aah belakang ketika posisi tubuh sedang setengah jongkok. Tahan lutut supaya tidak bergerak. Posisikan tubuh anda pada gerakan squat.

Jika merupakan pemula bisa dnegna sedikit jongkok dan tahan posisi ini agar pantat terdorong ke belakang. Pegang salah satu ujung resistance band dengan kedua tangan serta injak ujungnya dengan kaki yang dibuka selebar pinggul. Lakukan cara ini hingga resistance band memang terlihat tertarik sempurna dan juga dalam bentuk persegi empat. Ulangi hingga 16 kali.

 

3. Perky Cheeks Deadlift

Gerakan olahraga dengan resistance band berikutnya adalah Perky Cheeks Deadlift. Bisa dilakukan dengan berdiri dan sederhana. Tujuannya untuk melatih kekuatan otot pinggang, kaki dan juga tangan. Caranya adalah dengan memposisikan kaki seperti sebelumnya. Pegang ujung resistance band ini dan tekuk sedikit lutut serta posisikan tubuh ke arah bawah seperti posisi membungkuk.

Pastikan bahwa posisi dada saat membungkuk tetap lurus sejajar dengan lantai. Jaga posisi ini dan perut tetap dalam keadaan kencang. Jika gerakan ini sudah dilakukan dengan benar maka anda bisa merasakan adanya peregangan yang ada di bagian belakang paha ketika posisi tubuh turun. Pertahankan tulang belakang tetap lurus.

Baca juga: Panduan Gerakan Squat Paling Tepat Agar Tidak Mengalami Sakit Punggung

 

4. Kick Butt Extension

Gerakan lainnya yang bisa dicoba adalah dengan cara berbaring. Gerakan ini disebut kick butt extension. Cobalah berbaring telentang diatas lantai atau matras. Tujuannya adalah untuk menjaga kelenturan dari otot kaki, pantat dan juga tangan kita. Caranya, baringkan tubuh dengan keadaan lurus. Pastikan kepala dan juga tangan memang menempel di lantai. Pegang ujung resistance band sambil menekuk kedua lengan kita. Tekuk juga lutut kanak ke arah dada serta telapak kaki bisa menahan resistance band. Jangan lupa untuk sedikit mengangkat pinggul agar bisa menjauh dari lantai.

Lakukan beberapa gerakan olahraga dengan resistance band ini. Olahraga mudah dan menyenangkan serta membuat tubuh terasa lentur. Tertarik untuk mencobanya?

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password