Sir Alex Yakin Rekor Wayne Rooney Sulit Dipatahkan

sir alex & wayne rooney

Rekor pencetak gol terbanyak di Manchester United yang dibuat Wayne Rooney bakal sulit dipatahkan dalam jangka waktu yang sangat lama. Setidaknya inilah yang diyakini oleh mantan manajer Setan Merah, Sir Alex Ferguson.

Wayne Rooney resmi menorehkan rekor yang telah bertahan sejak 1973 tersebut setelah ia mencetak gol saat United melawan Stoke City di Britannia Stadium, Sabtu (21/1/2017). Wayne Rooney telah mencetak 250 gol untuk Setan Merah di berbagai ajang, unggul satu gol dari torehan Sir Bobby Charlton.

“Menurut saya, itu (rekor) telah bertahan selama 44 tahun dan saat Wayne Rooney bergabung dengan klub, saya tak pernah membayangkan ada pemain yang bisa mengalahkan rekor Sir Bobby Charlton. Jadi, pencapaiannya ini sangat luar biasa,” ujar Sir Alex Ferguson mengenai mantan anak buahnya itu. “Dia merupakan pemain yang hebat.”

Penyerang berusia 31 tahun itu dibeli dari Everton dan bergabung dengan Manchester United pada Agustus 2004. Pada saat itu, biaya transfernya yang mencapai 30 juta poundsterling (sekitar Rp 510 miliar) membuat Rooney tercatat sebagai pemain muda berusia di bawah 20 tahun termahal di dunia.

Berdasarkan catatan Transfermarkt, Rooney telah mencetak 250 gol dan 125 assist dari total 546 laga di berbagai ajang selama 13 musim karirnya di Old Trafford.

“Saya tak berpikir akan ada pemain yang bisa mengalahkan rekor Wayne. Saya tak pernah mengatakan tidak untuk sesuatu hal, tetapi jika Anda melihat era sepak bola modern, Manchester United merupakan salah satu klub yang bisa menjaga pemain lebih dari 10 tahun,” kata Sir Alex.

“Kondisinya kini akan lebih sulit. Anda beruntung jika dapat melihat era saya, bahkan jika era Sir Matt Busby juga, karena di era itu kami memiliki beberapa pemain yang bertahan di klub selama lebih dari 10 tahun. Banyak pemain yang melakukan hal itu dan Wayne adalah salah satunya.”

“Tetapi, di era modern, Anda tentunya dapat melihat hal itu telah berkurang dan sekarang memang sangat sedikit pemain yang bertahan di satu klub dengan jangka waktu seperti itu,” tambah pria yang telah menangani Manchester United pada 1986 hingga 2013 itu.

Berkaitan dengan dana besar yang dikeluarkan klub untuk merekrut Wayne Rooney saat masih di Everton, Sir Alex Ferguson menuturkan, “Dulu satu-satunya cara Anda bisa menilai pemain (dari biaya transfer) ialah seberapa lama dia berada di klub. Saya sangat beruntung bisa memiliki Roy Keane selama 11 tahun, Steve Bruce untuk periode yang panjang, Peter Schmeichel selama beberapa tahun, dan juga Dennis Irwin. Anda tahu hal itu?”

“Para pemain muda kemudian datang, seperti Ryan Giggs, Paul Scholes, dan Gary Neville yang bertahan di klub lebih dari 10 tahun,” ujar pelatih terlama Manchester United tersebut. “Satu-satunya cara Anda dapat benar-benar menilai hal tersebut (biaya transfer) adalah jangka waktu yang Anda miliki bersama mereka,” ujar pelatih terlama Manchester United tersebut.

Sumber: bola.com

 

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password