Siapakah Juara Premier League 2016/17? Berikut Prediksinya

Baru-baru ini, komputer super Sports Analytics Machine (SAM) yang dikembangkan Ian McHale, profesor analisis olahraga dan Universitas Salford, bersama koleganya Dr. Tarak Kharrat, melakukan analisis untuk memprediksi klasemen akhir Premier League musim 2016-2017.

Dalam hasil tersebut, Chelsea diprediksi akan menjuarai Premier League musim 2016-2017 dan untuk pertama kalinya sejak 1995-1996, sedangkan Arsenal akan berada di luar empat besar pada akhir musim.

Analisis ini didapatkan setelah BBC meminta SAM untuk menulis hasil pertandingan Premier League dari saat ini hingga akhir musim atau pekan ke-38 yakni tanggal 21 Mei mendatang.

Dan berdasarkan hasil analisis yang diperoleh, SAM memprediksi Chelsea akan finis di posisi teratas dengan 85 poin. Dari hasil hingga pekan ke-20, Chelsea punya peluang juara sebesar 64 persen.

Yang mengejutkan, berdasarkan hasil analisis ini, Arsenal diperkirakan akan gagal menembus zona Liga Champions untuk pertama kalinya. Dengan 76 poin, tim besutan Arsene Wenger itu akan berada di posisi kelima, unggul enam angka atas Manchester United yang berada di bawahnya dengan 70 poin.

Tottenham Hotspur akan finis kedua dengan 78 poin, unggul satu angka atas Liverpool dan Manchester City yang sama-sama memperoleh 77 poin. Hal ini akan membuat Tottenham Hotspur untuk pertama kalinya berada di atas Arsenal pada era Premier League.

Hingga saat ini, Chelsea memimpin klasemen dengan koleksi 49 poin. Di bawahnya berturut-turut ada Liverpool (44), Tottenham (42), Man City (42), Arsenal (41), dan Manchester United (39).

Berdasarkan analisis SAM, berikut probabilitas tim Premier League finis di 4 besar:

  • Chelsea 97,6 persen
  • Tottenham 78,7 persen
  • Liverpool 74 persen
  • Man City 67,8 persen
  • Arsenal 61,5 persen
  • Man United 20,3 persen

 

Sumber : kompas.com

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password