Olahraga Tenis Lapangan, Ini Manfaat yang Bisa Diraih

manfaat olahraga tenis lapangan

Planetolahraga.com – Berbagai macam jenis olahraga dapat anda pilih sebagai hobby atau pun sebagai sarana menguras tumpukan lemak yang ada di badan. Selain dapat mengurangi berat badan pada tubuh kita, olahraga sangat baik untuk menjaga kesehatan dan memperbaiki kualitas hidup. Terutama olahraga tenis lapangan, olahraga ini menggerakkan seluruh otot pada tubuh kita saat berlari mengejar bola dan saat servis bola, tentunya merupakan olahraga yang cukup menguras tenaga.

Dengan menggerakkan semua anggota tubuh akan banyak manfaat yang kita dapat selain semakin lancarnya sirkulasi darah pada tubuh, serta dapat menghindarkan tubuh kita dari beberapa serangan penyakit. Berikut manfaat yang dapat anda dapatkan dari olah raga tenis lapangan.

Manfaat Olahraga Tenis Lapangan yang Bisa Didapatkan

 

1. Sebagai sarana hiburan

Selain untuk mengurangi berat badan, olahraga juga menjadi sarana hiburan yang bisa anda dapatkan sekaligus manfaatnya. Tentunya selain badan anda lebih sehat, pikiran dan mood anda juga akan menjadi baik setelah melakukan olahraga. Terutama untuk olahraga tenis lapangan, pemain akan merasakan kompetisi yang sehat antar pemain. Hal ini akan menimbulkan mood yang positif yang akan membawa suasana nyaman saat anda memasuki lingkungan kerja.

Baca juga: Tim Tenis Indonesia Berpeluang Sabet Medali di Asian Games

 

2. Melepas stres

Apakah anda termasuk orang yang memiliki rutinitas bekerja yang ketat serta banyak mengandalkan pikiran? Pasti hal tersebut akan membuat jenuh pikiran dan tingginya tingkat stres yang akan anda alami selama bekerja. Olahraga tenis lapangan tanpa banyak orang sadari dapat menurunkan tingkat stres tersebut, karena pada prinsipnya olahraga ini mengandalkan pukulan bola degan raket ke posisi lawan agar mendapatkan point. Pada saat memukul bola dengan raket ini tanpa anda sadari dapat mengurangi tingkat stres tersebut karena secara tidak langsung tingkat jenuh dan emosi saat bekerja anda luapkan dengan melakukan olahraga ini.

 

3. Efektif membakar lemak

Beberapa peneliti mengungkapkan bahwa ketika anda melakukan olahraga tenis lapangan dalam kurun waktu satu jam, anda telah membakar lemak dalam tubuh sebanyak 600 kalori. Tentu hal ini sangat membantu anda terutama yang menginginkan memiliki tubuh yang ideal. Olahraga ini akan sangat membantu dan mempermudah anda meraih keinginan tersebut. Meningkatkan kardiovaskular pada tubuh, semakin meningkatnya karviovaskular pada tubuh kita maka semakin tingginya tenaga yang dapat kita hasilkan dalam kehidupan sehari hari. Tentu hal ini sangat bermanfaat bagi anda untuk mengatasi tubuh yang gampang lelah.

Sebenarnya olahraga tenis lapangan merupakan jenis olahraga yang berat, karena selain harus memukul bola kita juga dituntut untuk selalu lincah berlari mengantisipasi bola dari pihak lawan. Karena pada prinsipnya dalam olahraga yang menggunakan lapangan kecil maka semakin kita di tuntut untuk lari cepat/splint. Dengan porsi lari yang cepat tersebut pastinya akan memakan porsi tenaga yang sangat banyak dari pada lari dengan kecepatan sedang.

Baca juga: Tips Tepat Membeli Bola Tenis yang Anda Harus Tahu

Semakin cepat kecepatan bola yang di serve ke arah kita semakin besar pula tenaga yang kita gunakan untuk mengejarnya dan mengembalikannya ke pihak lawan. Serta olahraga ini dapat menguatkan beberapa bagian-bagian tubuh seperti tulang dan otot yang terbentuk dengan kencang dan kuat. Untuk mendapatkan manfaat yang sempurna dari olahraga ini anda harus melakukannya setiap hari atau jika tidak cukup anda meluangkan waktu beberapa kali dalam seminggu untuk hasil yang sempurna.

Itulah tadi beberapa manfaat olahraga tenis lapangan yang bisa anda dapatkan jika rutin melakukannya. Jangan lupa imbangi dengan konsumsi makanan yang bergizi dan pola hidup yang sehat agar manfaatnya lebih maksimal.

[Form id=”9″]

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password