Kartini-Kartini di Dunia Olahraga Ini Bisa Jadi Inspirasi

Kartini-Kartini di Dunia Olahraga Ini Bisa Jadi Inspirasi

Planetolahraga.com – Selamat Hari Kartini! Tanggal 21 April kemarin merupakan Hari Kartini, yang merupakan perayaan untuk mengingat perjuangan R.A. Kartini untuk kesetaraan derajat wanita. Untuk ikut merayakannya, Planet Olahraga kali ini akan mengulas Kartini-Kartini berprestasi yang sukses mengharumkan nama Indonesia di ajang internasional dalam bidang olahraga. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

Susi Susanti

Kartini Susi Susanti

Bulutangkis merupakan salah satu cabang olahraga yang paling digemari masyarakat Indonesia. Walaupun tak ada atlet yang menonjol di nomor tunggal putri saat ini, Indonesia punya legenda bulutangkis di nomor ini. Ya, legenda tersebut adalah Susi Susanti. Bernama lengkap Lucia Fransisca Susi Susanti, ia berhasil menjadi pebulutangkis wanita tersukses di Indonesia. Tahun 1992, Ia sukses meraih medali emas di Olimpiade Barcelona. Medali ini merupakan emas pertama yang diraih Indonesia selama berpartisipasi di ajang olahraga terbesar di dunia tersebut. Selain itu, Susi juga menjadi salah satu pemain yang memperoleh gelar Hall of Fame dari World Badminton Federation.

Liliyana Natsir

Kartini Lilyana Natsir

Masih dari dunia bulutangkis, ada sosok Liliyana Natsir di nomor ganda campuran. Ia berhasil mendapat gelar juara dunia saat usianya baru 20 tahun di nomor ganda campuran. Ia pun menjadi pebulutangkis Indonesia pertama yang tiga kali memperoleh gelar juara dunia. Prestasinya yang terbaru, Liliyana berhasil memperoleh medali emas di Olimpiade Rio de Janeiro 2016 bersama Tontowi Ahmad.

Sri Wahyuni

Kartini Sri Wahyuni

Sri Wahyuni merupakan seorang atlet angkat besi putri yang berhasil meraih medali perak di Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Medali ini diraihnya setelah ia sukses mengangkat beban 192 kg di kelas 48 kg kategori Putri. Sungguh prestasi yang membanggakan di saat usianya masih muda, yaitu 22 tahun.

Baca juga : 7 Pesepakbola Wanita Tercantik

Irene Kharisma Sukandar

Kartini Irine Kharisma Sukandar

Di bidang olahraga catur, Indonesia punya pecatur wanita yang patut dibanggakan yaitu Irine Kharisma Sukandar. Wanita berusia 25 tahun ini telah malang melintang di ajang percaturan dunia. Ia merupakan wanita Indonesia pertama yang berhasil meraih gelar Woman Grandmaster dan International Master.

Yayuk Basuki

Kartini yayuk basuki

Yayuk Basuki merupakan petenis terbaik yang pernah dimiliki Indonesia. Ia pernah menduduki ranking 19 dunia di kelas tunggal putri. Ia berhasil membawa nama harum Indonesia di ajang tenis internasional. Tercatat, Yayuk Basuki telah menjuarai 5 kejuaraan ITF dan 6 kejuaraan WTA di kelas tunggal putri.

Alexandra Asmasoebrata

Kartini Alexandra Asmasoebrata

Alexandra Asmasoebrata tercatat oleh MURI sebagai pembalap Indonesia wanita pertama. Ia memulai karir balapnya saat usianya masih 12 tahun. Yang patut dibanggakan, wanita ini juga mampu mengukir prestasi di ajang balap internasional, seperti di World Championship Junior dan China Formula Campus Asian Division.

 

Nah, itu dia beberapa Kartini Indonesia yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. Selain cantic, mereka juga tangguh. Semoga bisa menginspirasi!

Baca juga : Inilah 5 Petenis Wanita Tercantik Idola Para Pria

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password